KTP-E Seumur Hidup untuk Mempermudah Warga

e-ktp

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak Suparma menilai tidak ada sisi negatif dari ditetapkannya masa berlaku KTP Elektronik (KTP-el) seumur hidup.

“Saya rasa tidak ada sisi negatif dari aturan yang sudah ditetapkan perintah pusat itu, ” kata Suparma, katanya, Kamis, (24/11).

Menurutnya dengan ditetapkannya masa berlaku KTP elektronik itu seumur hidup maka akan lebih memudahkan masyarakat, tanpa harus mengurus data kependudukan berulang kali.

“Jadi tidak perlu bolak balik lagi ke Disdukcapil hanya untuk memperpanjang KTP, sepanjang data kependudukannya tidak berubah, tak perlu lagi hal itu, sekarang sudah serba online,” kata dia.

Ditambahkannya, sistem sudah serba online, dan masyarakat bahkan bisa melakukan pengajuan perubahan data diri hanya dengan menggunakan telepon.

“Jadi bisa langsung telpon saja kesini, tinggal bilang (Nomor Induk Kependudukan (NIK),  lalu bilang data apa ingin diubah, udah tidak perlu lagi repot-repot kesini,” tururnya.

Seperti diberitakan sebelumnya,  KTP elektronik ang masih tercantum masa berlakunya,  tetap berlaku semumur hidup bagi pemiliknya,  dan hal itu telah sesuai dalam surat Edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo tanggal 29 Januari 2016 yang intinya bahwa setiap E-KTP yang dimiliki masyarakat Indonesia berlaku seumur hidup walaupun tercantum masa berlakunya.

(Agustiandi/Faisal)

Related Posts