Dua Kuburan Massal Suku Minoritas Yazidi Ditemukan Dekat Mosul

Irak, thetanjungpuratimes.com – Dua kuburan massal berisi 18 jasad anggota suku minoritas Yazidi ditemukan dekat Mosul, Irak saat tentara tengah mengusir pegaris keras dari kota itu, kata petugas setempat.

Pegaris keras IS telah menculik dan membunuh ribuan anggota suku Yazidi.

Tentara gerilya Kurdi, permeshga, menemukan kuburan massal yang terletak dekat Shababit, wilayah barat laut Irak saat sedang melakukan pemeriksaan.

Kuburan itu berisi tulang-belulang dan kartu identitas yang tampaknya ditimbun tanah oleh buldoser.

IS secara sistematis membunuh, menculik, dan memperbudak ribuan orang Yazidi sejak musim panas 2014, khususnya di wilayah Sinjar.

Penyelidik Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan, IS terlibat kasus genosida.

Walikota Sinjar, Mahma Xelil mengatakan, dengan penemuan kuburan massal itu maka jumlah total kuburan massal yang ditemukan mencapai 29 buah. Otoritas terkait memprediksi jumlahnya dapat terus meningkat hingga lebih dari 40.

Suku Yazidi adalah kelompok beranggotakan 400 ribu jiwa yang menjalankan keyakinan campuran dari beberapa agama kuno Timur Tengah.

Mereka kerap disebut sebagai pemuja setan oleh pegaris keras Sunni.

Badan Penanggulangan Penculikan di Duhok, departemen yang didukung pemerintah Kurdistan mengatakan, setidaknya 3.500 anggota suku Yazidi diyakini masih menghuni daerah yang dikuasai ISIS. Sebagian besar mereka adalah perempuan dan anak-anak.

Setidaknya 18 orang suku Yazidi melarikan diri dari Kota Tal Afar, Irak Utara, Rabu lalu di saat pasukan paramiliter Syiah menutup akses ke kota itu dari wilayah selatan dan barat.

(Antara/Faisal)

Related Posts