Bupati Sambas Instruksikan Segera Tangani Korban Banjir di Teluk Keramat

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Menyikapi banjir yang membuat rumah warga di kecamatan Teluk Keramat terendam air hingga satu meter, Bupati Atbah Romin Suhaili meminta perangkat desa dan camat untuk bergerak cepat dalam menanganinya.

“Camat dan kepala desa harus segera mengambil langkah mengantisipasi hal-hal yang memungkinkan air kembali tinggi, sudah kita instruksikan langkah cepat dan melakukan koordinasi dengan pihak kabupaten,” kata Atbah di Sambas, Rabu (30/11).

Kata Atbah, banjir yang terjadi diakibatkan curah hujan yang tinggi, ditambah lagi air laut yang mulai pasang dan meluap hingga ke permukiman warga.

“Tapi biasanya banjir yang terjadi akan surut bersamaan dengan surutnya air laut, kita berharap banjir tidak lama. Namun begitu pemerintah sudah mengambil langkah-langkah antisipasi,” kata Atbah.

Masyarakat menurut Bupati, terutama yang bermukim di wilayah yang rawan banjir. Biasanya sudah memaklumi kondisi, dan sudah mengntisipasi. Bupati juga mengutarakan, jika normalisasi sungai perlu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya banjir. Ia juga mengatakan, jika banjir yang merendam sejumlah wilayah di kabupaten Sambas setiap kali musim hujan. Merupakan akibat dari meluapnya sungai diperhuluan.

“Banjir juga disebabkan oleh air sungai di wilayah kabupaten Bengkayang, yang turun hingga ke sungai kabupaten Sambas. Kita juga mengimbau masyarakat agar mewaspadai kemungkinan terjadinya banjir setelah turun hujan,” kata Atbah.

(Gindra/dd)

Related Posts