Desa di Kapuas Hulu ini Dua Kali Juara Lomba Hutan Desa Nasional

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Sebagai kabupaten konservasi, Kapuas Hulu terus menerapkan sistem pelestarian lingkungan. Setidaknya saat ini Kapuas Hulu telah membentuk delapan hutan desa, bahkan dua diantaranya telah memperoleh juara ditingkat nasional.

Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabuapten Kapuas Hulu, Hasan mengatakan, dua desa yang telah mengharumkan nama Kapuas Hulu ditingkat nasional tersebut adalah Desa Ujung Said dan Desa Penepian Raya, Kecamatan Jongkong.

“Dua desa itu sudah dua tahun berturut-turut keduanya diundang ke istana preside di ke Jakarta, dan terakhir dua desa itu juara tiga nasional dalam perlombaan hutan desa,” ujarnya.

Kabupaten Kapuas Hulu sendiri memiliki delapan hutan desa. Pada kecamatan Mentebah hutan desa terletak di desa Tanjung dengan potensi karet bokar (karet yang diolah murni tanpa campuran), pada kecamatan Boyan Tanjung ada tiga desa yakni Desa Betung yang potensinya karet dan tengkawang, kemudian Desa Nanga Jemah dan Serai Wangi yang memiliki potensi karet.

Selanjutnya di Kecamatan Jongkong, hutan desa ada di Desa Penepian Raya dan Ujung Said yang memiliki potensi madu dan karet. Kalau pada kecamatan Putussibau Utara ada Desa Sadap yang memiliki potensi desa wisata.

Keseluruhan hutan desa tesebut mengikuti seleksi terlebih dahulu sebelum mengikuti perlombaan hutan desa tingkat nasional. Ada tim yang sudah terbentuk untuk melakukan penyeleksian tersebut.

“Hanya yang dianggap layak saja yang kami lombakan,” katanya

Kunci penilaian dalam hutan desa ini berdasarkan pada potensi desa yang ada dan maanfaatnya bagi masyarakat. Untuk hutan desa Ujung Said dan Penepian Raya ini kelebihannya dari hutan desa lain karena adanya rumah produksi madu yang memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Dikatakannya, jika desa sudah memperoleh juara maka kepala desanya akan diundang oleh presiden RI ke istana negara pada tanggal 17 Agustus, bertepatan dengan perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Untuk kontribusi yang diberikan pemerintah pusat bagi hutan desa yang telah menyabet juara nasional tersebut, ada bantuan dana dalam upaya mendukung program yang telah disusun dalam pengelolaan hutan desa tersebut, melalui NGO.

(Yohanes/Faisal)

Related Posts