FMIPA Untan Gelar Pelatihan Metode “Student Centered Learning”

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura mengadakan pelatihan metode pembelajaran dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran di Fakultas, Rabu (30/11).

Dalam pelatihan ini diangkat topik pembelajaran dengan metode Student Centered Learning yaitu pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa kepada semua dosen yang mengajar di Fakultas MIPA Untan.

Pelatihan metode pembelajaran untuk dosen ini diberikan oleh Dr. Susi Fitri, M.Si., Kons. salah seorang dosen Universitas Negeri Jakarta dan sebagai ketua pengurus asosiasi bimbingan konseling Indonesia untuk wilayah Jakarta.

Menurut Ketua Panitia Dr. Anis Shofiyani acara ini bertujuan untuk memberikan pelatihan bagi para dosen dalam memberikan metode pembelajaran yang lebih berpusat kepada mahasiswa. Karena, kata dia selama ini metode pembelajaran kebanyakan hanya satu arah. Metode satu arah inilah yang akan diubah menjadi metode Student Center Learning sehingga dosen hanya berperan seperti fasilitator.

“Selama ini kan metode satu arah jadi mahasiswa menerima materi dari dosen, yang memberi penjelasan dari dosen dan yang menilai adalah dosen, sehingga mahasiswa hanya sebagai pendengar, Hal itulah yang mau diubah,” jelasnya.

Kata dia lagi, dengan metode ini mahasiswa nantinya akan diajarkan untuk menggali ilmu, berpikir kritis, menyampaikan secara logis sehingga nantinya apa yang dipelajari dapat dipahami.

“Ilmu yang disampaikan itu kan kita sering lupa jadi ketika kita membangun dan mengkaji sendiri materinya akan lebih mudah diserap dan melekat pada otak,” jelasnya.

(Matilda/dd)

Related Posts