OJK-BTPN Gelar Acara “Elok Laku Pandai Manabung”

OJK Dorong Masyarakat Melek Industri Keuangan

Padang, thetanjungpuratimes.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sama dengan Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) menggelar acara bertajuk “Elok Laku Pandai Manabuang” guna mendorong warga Padang, Sumatera Barat (Sumbar) lebih rajin menabung.

“Masyarakat Sumbar sudah dikenal memiliki semangat menabung yang tinggi, ini merupakan potensi yang bagus karena dana tersebut pada gilirannya akan disalurkan untuk membangun daerah,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad di Padang, Sabtu.

Menurut dia OJK, terus melakukan berbagai kegiatan untuk mendorong perluasan program inklusi keuangan guna mendukung sasaran Strategi Nasional Keuangan Inklusi (SNKI) yakni tingkat literasi keuangan sebesar 75 persen pada akhir 2019.

Ia mengatakan akses masyarakat untuk menabung dan meningkatkan jumlahnya juga semakin dipermudah dengan kehadiran agen Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) di berbagai desa di seluruh pelosok Tanah Air, yang selama ini jauh dari jangkauan kantor bank.

OJK terus mendorong jumlah rekening tabungan dan jumlah agen Laku Pandai terus bertambah sejalan dengan Strategi Nasional Keuangan Inklusi (SNKI) yang telah diluncurkan pemerintah November 2016, ujarnya.

Ia menyebutkan Jumlah rekening Laku Pandai sampai akhir September 2016 sudah mencapai Rp93,79 miliar, dan angka ini cukup besar mengingat program Laku Pandai baru berumur setahun serta lebih banyak menjaring masyarakat berpenghasilan kecil.

Sementara itu, jumlah agen Laku Pandai sampai September berjumlah 159.521 untuk peorangan dan 968 badan usaha yang berasal dari 15 bank peserta Laku Pandai.

“Untuk meningkatkan jumlah agen, ke depan OJK mendorong pemberian insentif kepada agen tetap maupun calon agen Laku Pandai,” ucapnya.

Ia menyampaikan bank penyelenggara program Laku Pandai saat ini antara lain BTPN, Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, BCA, Bank Sinarmas, BPD Kaltim, BRI Syariah, Bank Sahabat Sampoerna, Bank Jabar Banten, Bank Jateng, BTPN Syariah, Bank Bukopin dan Bank Danamon.

Sementara Wakil Direktur Utama BTPN Ongki W. Dana mengatakan pihaknya telah meluncurkan Laku Pandai dengan sebutan “BTPN Wow” dan terus meningkatkan perluasan jangkauan daerah untuk memperbanyak jumlah tabungan, dengan target dua juta orang dan jumlah agen 100.000 orang sampai akhir 2016 “Kami mengapresiasi program Laku Pandai yang digagas OJK karena menjadi satu terobosan bagi bank untuk menjangkau masyarakat di pelosok yang selama ini tidak tersentuh layanan perbankan,” tutur dia.

Ia mengatakan melalui acara ini BTPB berharap masyarakat bisa lebih mengenal Program Laku Pandai, Gerakan Ayo Menabung, dan BTPN Wow khususnya di Sumbar.

Ia menyebutkan di Sumbar BTPN Wow telah memiliki 2.681 agen dan 42.193 nasabah dengan sebaran agen mencakup 13 wilayah yakni Kabupaten Agam, Limpuluh Kota, Padangpariaman, Pesisir Selatan, Sijunjung, Solok, Tanah Datar, Kota Bukittinggi, Padang, Padang Panjang, Pariaman, Payakumbuh dan Solok.

Sementara itu secara nasional, hingga November 2016 Agen BTPN Wow mencapai 2,5 juta nasabah, dengan jumlah agen 147 ribu agen, imbuhnya.

Kegiatan “Elok Laku Pandai Manabuang” diikuti sekitar 2.000 orang khususnya masyarakat Kota Padang dan dihadiri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno serta Pimpinan Alumni Universitas Andalas dan Pejabat Rektorat Universitas Andalas yang dipusatkan di GOR Agus Salim Padang.

(Antara/Faisal)

Related Posts