4 Tips Efektif Bekerja Bagi Freelancer

Thetanjungpuratimes.com – Pekerjaan freelance atau pekerja lepas banyak diminati saat ini. Karena selain bisa menambah penghasilan, karena jam kerjanya yang tidak terikat dan terkadang bisa mengatur waktu sendiri, meskipun sudah memiliki pekerjaan tetap.

Namun, sebelum mengambil sebuah tugas atau proyek sebagai freelance, Anda tetap harus memastikan pekerjaan yang akan dilakukan sesuai dengan keinginan perusahaan dan biasanya pekerjaan model ini harus diselesaikan sesuai waktu yang telah ditentukan. Agar freelancer dapat bekerja efektif berikut tipsnya :

1.Buat Prioritas

Sebelum mengerjakan pekerjaan, buatlah susunan prioritas pekerjaan Anda kemudian buatlah jadwalnya. Urutkan pekerjaan yang paling penting dan batas waktu yang mendekati. Agar pekerjaan Anda dapat selesai dengan baik dan efektif.

2.Buat jadwal jam kerja


Bekerja sebagai freelance Anda perlu bisa mengatur waktu kerja sendiri. Buatlah jadwal pekerjaan yang akan Anda lakukan. Mulai dengan jam kerja sampai jam istirahat. Aturlah waktu dengan tepat agar pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik.

3.Ambil beban kerja yang wajar


Terkadang agar Anda mendapat penghasilan yang banyak, Anda mengambil semua pekerjaan yang ditawarkan. Akibatnya mungkin saja pekerjaan tersebut malah jadi berantakan karena Anda jadi tidak fokus dan bisa saja kondisi kesehatan Anda terganggu akibat kelelahan.

Dua pekerjaan saja sudah cukup membuat otak berpikir keras, apalagi jika pekerjaan tersebut menuntut Anda harus cepat selesai, bisa-bisa semua waktu Anda tersita untuk pekerjaan. Sebaiknya ambil pekerjaan yang jelas bisa dikerjakan secara produktif, sehingga hasilnya juga memuaskan baik bagi perusahaan dan Anda sendiri.

4.Mengistirahatkan tubuh dan pikiran

Agar pekerjaan dapat selesai sesuai batas waktu yang ditentukan, biasanya orang cenderung tidak memperhatikan kondisi tubuh, sehingga bisa menyebabkan kelelahan fisik dan pikiran, hal ini juga bisa membuat orang menjadi jenuh.

Agar hasil yang dikerjakan maksimal, sebaiknya beri waktu pada tubuh dan pikiran untuk beristirahat, jangan terlalu memaksakan diri karena hasilnya akan tidak baik.

Itulah beberapa hal yang Anda bisa lakukan jika Anda bekerja menjadi seorang freelancer, apapun pekerjaan yang Anda jalani jika dijalankan dengan keseriusan dan motivasi yang tinggi tentu akan menghasilkan kesuksesan bagi hidup dan karir Anda. Semoga bermanfaat.

(Suara/dd)

Related Posts