Apple Akui Sedang Kembangkan Mobil Swakemudi

Thetanjungpuratimes.com – Apple, untuk pertama kalinya, mengakui bahwa pihaknya sedang mengembangkan teknologi mobil swakemudi, demikian dilaporkan The Guardian, Minggu (4/12).

Perusahaan yang beken dengan iPhone itu, selama dua tahun terakhir sering dikabarkan sedang mengembangkan teknologi mobil nirawak. Tetapi kepastian dari Apple sendiri baru diperoleh dalam sebuah surat kepada otoritas keselamatan lalu-lintas Amerika Serikat (NHTSA).

“Perusahaan sedang berinvestasi besar dalam mengembangkan machine learning dan otomatisasi, serta sangat tertarik kepada potensi sistem otomatisasi dalam beberapa area, termasuk transportasi,” bunyi surat yang dikirim Steve Kenner, salah satu direktur Apple dalam surat tersebut.

Surat tersebut sayangnya tak banyak mengungkap soal proyek teknologi swakemudi Apple dan hanya menyebut soal “keuntungan yang akan diperoleh masyarakat dari kendaraan swakemudi.”

Apple juga mengatakan bahwa kendaraan swakemudi adalah teknologi yang bisa mengurangi angka kematian dan mencegah kecelakaan – alasan andalan Google dalam mengkampanyekan teknologi mobil nirawaknya, salah satu yang sudah paling canggih di dunia.

Surat dari Kenner itu sendiri bertanggal 22 November, tetapi baru saja beredar di publik. Dari surat itu diduga Apple akan mendesain dan memproduksi mobilnya sendiri, bukan hanya sebagai penyediak teknologi atau sistem operasi.

Sebelumnya Apple digosipkan sedang menjajaki kerja sama dengan beberapa produsen mobil dunia, termasuk merek mobil sport mewah Inggris, McLaren.

(Suara/dd)

Related Posts