Pengemis Luar Kalimantan Bakal Dipulangkan dengan Biaya dari Mengemis

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Kepala Dinsosnaker Kota Pontianak, Aswin Djafar mengatakan, pengemis yang berasal dari Pulau Jawa, secepatnya akan dipulangkan dengan kapal laut menggunakan uang hasil mereka mengemis.

“Para pengemis yang terjaring itu ditampung sementara di Pusat Layanan Anak Terpadu (PLAT) Ampera,” katanya Rabu, (7/12).

Sementara pengemis yang berasal dari kabupaten wilayah Kalbar, menunggu tindak lanjut setelah pihaknya berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten asal pengemis tersebut.

“Pengemis yang berasal dari Kota Pontianak akan kita urus mulai dari administrasi kependudukannya, kalau memang kategori miskin akan kita urus supaya mendapat fasilitas-fasilitas pelayanan sosial sehingga dia tidak lagi mengemis,” katanya.

Diakuinya, sebagian pengemis yang diamankan memang sebelumnya sudah pernah ditangkap oleh pihaknya. Bahkan, mereka sudah pernah dipulangkan ke daerah asalnya, seperti salah satunya dari Madura. Pihaknya menduga para pengemis ini sengaja didatangkan dari luar Kalbar oleh oknum warga yang mengkoordinirnya.

“Kita akan kerja sama dengan pihak kepolisian untuk menangkap oknum warga yang mengkomersilkan para pengemis itu,” tukas Aswin.

Ia mengimbau masyarakat yang ingin memberikan sedekah, infaq dan sebagainya, bisa menyalurkannya ke lembaga atau badan yang menerima dan menyalurkan bantuan tersebut kepada yang berhak menerimanya.

“Bisa ke Bazda, Rumah Zakat, Dompet Ummat atau rumah-rumah ibadah,” imbuhnya

(Agustiandi/Faisal)

Related Posts