Kubu Raya Raih Penghargaan dari Ombudsman RI

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menjadi satu-satunya Kabupaten di Kalimantan Barat dengan nilai kepatuhan terbaik pelayanan publik di Indonesia, dan menerima penghargaan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik dari Ombudsman RI atas prestasinya memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

“Alhamdulillah Kubu Raya kembali menerima penghargaan tingkat Nasional dimana hari ini, saya baru saja menerima penghargaan dari Kepala Ombudsman RI di Jakarta. Yang lebih membanggakan, Kubu Raya adalah satu-satunya Kabupaten di Kalimantan Barat untuk layanan terbaik se-Indonesia, dan mampu mempertahankan predikat tersebut dua tahun berturut-turut,” kata Bupati Kubu Raya, Rusman Ali, saat menerima penghargaan tersebut dari kepala ombudsman RI di Jakarta, Rabu (7/12).

Menurutnya, penghargaan itu tentu tidak didapat dengan sengaja melainkan atas penilaian dari Ombudsman RI terkait kinerja Pemkab Kubu Raya.

“Untuk itu saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh SKPD dan PNS yang ada di Kubu Raya, karena tanpa kerja keras mereka, tentu penghargaan ini tidak akan kita dapatkan dan bisa kita pertahankan,” ucapnya.

Disebutnya, penghargaan dari Ombudsman itu merupakan pertanda positif bahwa pelayanan publik di Kubu Raya saat ini sudah maksimal, sehngga dapat memberikan kepuasan bagi masyarakat.

“Kita berbangga mendapat apresiasi dari pihak Ombudsman. Namun di sisi lain penghargaan ini mesti menjadi pemacu semangat bagi jajaran Pemerintah Kubu Raya untuk semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Ke depan, kata Rusman Ali, pihaknya akan terus bekerja keras memaksimalkan layanan kepada masyarakat agar bisa mempertahankan prestasi yang telah didapat saat ini.

Predikat terbaik yang didapat Kubu Raya adalah dari hasil perolehan nilai dari 58 jenis layanan di Seluruh Kubu Raya yang menjadi sasaran penilaian oleh Ombudsman sejak bulan mei 2016 lalu.

Wakil Presiden Yusuf Kalla yang didaulat memberi arahan kepada Gubernur, Bupati dan Walikota yang menerima penghargaan penyampaian predikat kepatuhan itu merupakan salah satu bentuk apresiasi atas usaha peningkatan kualitas pelayanan publik di tingkat unit layanan di daerah masing-masing.

Dijelaskan Yusuf Kalla bahwa Gubernur, Bupati/Walikota harus terus berupaya memberi layanan yang cepat, mudah dan murah serta berkualitas kepada masyarakat.

“Saya meminta kepada seluruh daerah yang mendapatkan penghargaan ini agar bisa meningkatkan layanan birokrasi dan melakukan transparansi kepada masyarakat. Karena, sudah saatnya birokrasi kita menjadi birokrasi yang turun tangan untuk menggiatkan peningkatan kualitas pelayanan publik,” katanya.

Sebagaimana diketahui bahwa untuk Kalimantan Barat bersama Kubu Raya untuk Kategori Kota adalah Kota Singkawang dan Kota Pontianak.

(Viky/Faisal)

Related Posts