Koalisasi Perempuan Indonesia Perkenalkan Game Pendidikan Anti Korupsi

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Sekretaris Cabang Koalisi Perempuan Indonesia Desi Hairani menjelaskan dalam memperingati hari anti korupsi dunia dan AIPJ (Australia Indonesia Partnership for Justic) mengeluarkan program pendidikan tentang anti korupsi dengan berbentuk game.

“Game ini merupakan bentuk edukasi menanamkan nilai anti korupsi pada masyarakat,” terang Desi ketika mensosialisasikan game itu di taman Digulist, Jumat (9/12).

Dikatakannya lagi, bahwa game itu dirasakan penuh dengan muatan pendidikan untuk pencegahan, dan seperti agen untuk melakukan pencegahan bukan untuk memberantas.

Dia juga mengatakan bahwa Koalisi Perempuan Indonesia telah berkerja sama dengan Dharma Wanita Kanwil Kementerian Agama Kalbar, dan sudah Roadshow di 13 kota dan kabupaten kecuali Kapuas Hulu.

“Lewat pembinaan Dharma Wanita Kanwil Kemenag Kalbar kita sosialisasikan ke tingkat Dharma Wanita dulu dengan cara membuat game seperti ini, selanutnta game itu akan kita sosialisasikan kepada semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali,” ungkapnya.

Dijelaskan Desi, cara bermain game edukasi itu seperti bermain monopoli ada kartu merah, dan putih.

Dijelaskannya, kartu putih berisi tentang pertanyaan yang bisa menggali tentang nilai-nilai anti korupsi, sedangkan kartu merah adalah kartu kesalahan apabila tidak bisa menjawab kartu putih.

“Dari kartu ini sebenarnya nanti bisa menunjukkan gambar yang ada disini ini sebenarnya berlaku lima gambar tersebut untuk apa, seperti gambar perilaku koruptif, suap, gratifikasi, tindak pidana pencucian uang atau perilaku anti korupsi,” pungkasnya.

(Maulidi/Faisal)

Related Posts