Warga Pontianak Diminta Waspadai Begal

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pontianak, Firdaus Zarin mengingatkan seluruh masyarakat untuk selalu berhati-hati dan waspada terhadap aksi begal.

Menurut Firdaus, aksi begal terjadi di berbagai daerah di Indonesia, tak terkecuali di Kota Pontianak, karena kejahatan tersebut memang menunggu adanya kesempatan untuk melakukannya.

“Saya pikir begal tetap ada di mana-mana. Pelaku melihat kesempatan, yang penting bagaimana pemilik kendaraan untuk lebih berhati-hati,” ujarnya, saat ditemui (13/12).

Sekali lagi ia meminta masyarakat agar selalu waspada, mengingat kasus tersebut,  Desember ini sudah dua kali, yang korbanya tidak hanya rugi materi tatapi juga mengalami luka-luka yang cukup serius.

Selain kewaspadaan yang tetap harus ditingkatkan, lanjut Firdaus, aparat kemanan juga diminta lebih meningkatkan sistem keamanan dengan melakukan patroli rutin di lokasi lokasi yang dianggap rawan.

“Begal melihat kesempatan di tempat sepi. Kita juga tidak bisa berharap sepenuhnya pada aparat kepolisian, pasti tidak imbang, jumlah dengan daerah pengawasan yang harus dilakukan,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa ruang gerak para begal harus dipersempit. Apalagi ini sudah kejadian kedua di awal bulan. Semua pihak terkait diharapnya berperan aktif.

“Pihak keamanan paling kan dia support patroli, tapi dia tidak bisa mengawasi per orang. Berapa jumlah anggota kepolisian tiap kecamatan, begal ini lihat ada potensi, ada kelemahan dan kelengahan tempat yang sepi. Peran aparat ada, tapi tidak bisa sepenuhnya,” pungkasnya.

(Agustiandi/dd)

Related Posts