89 Orang TKI-B Dipulangkan Melalui PLBN Entikong

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Sebanyak 89 orang Tenaga Kerja Indonesia Bermasalah (TKI-B) di pulangkan petugas Imigrasi Malaysia melalui pos Pemeriksaan Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Entikong, Kabupaten Sanggau pada Rabu (14/12).

Menurut Kapolsek Entikong, AKP Kartyana bahwa ke 89 TKI-B itu diantar langsung oleh petugas Imigresen Bekenu Miri Malaysia dengan menggunakan 2 unit Mobil Van dan 3 Unit Bus Bintang Jaya serta didampingi oleh pihak Konsulat Jendral Republik Indonesia di Malaysia.

“Setibanya di PLBN (Pos Lintas Batas Negara) Terpadu Entikong langsung dilakukan proses pemeriksaan pendataan dan pengecekan terhadap TKI- B dari Negara Malaysia tersebut yang berjumlah 89 orang oleh petugas P4TKI Kec. Entikong dan Anggota Polsek Entikong,” ujarnya.

Dikatakannya, Kegiatan yang dilaksanakan oleh Polsek Entikong dan petugas P4TKI Kec. Entikong selama melakukan pendataan dan pengecekan terhadap TKI-B tersebut diperoleh sebab dan akibat permasalahan terkena deportasi diantaranya pekerjaan tidak sesuai yang dijanjikan, kabur dari majikan, tidak ada Permit Kerja, tidak terima gaji dan tidak Memegang Pasport.

Setelah dilakukan pendataan oleh petugas P4TKI Entikong para TKI-B tersebut nantinya akan diserahkan oleh petugas P4TKI Entikong ke Dinas Sosial Provinsi Kalbar di Pontianak, dan untuk selanjutnya akan dikembalikan ke daerah asalnya masing-masing sesuai dengan Peraturan Pemerintah tentang pemulangan TKI.

“Akhirnya pada pukul 13.10 WIB petugas memberangkatkan Rombongan TKI- B dari Malaysia menuju Dinas Sosial Prov. Kalbar di Kota Pontianak dengan menggunakan kendaraan Bis Umum sebanyak 3 unit, selanjutnya akan dipulangkan ke daerah asal masing-masing sesuai dengan peraturan pemerintah tentang pemulangan Tenaga Kerja Indonesia Bermasalah.

Berikut jumlah TKI-B yang di Deportasi dengan rincian asal sebagai berikut Prov. Kalimantan Barat : 41 orang, Prov. Jawa Timur : 20 Orang, Prov: NTT : 4 orang, Prov. NTB : 6 orang, Prov.sulsel : 12 orang, Prov. Sul-Bar : 3 orang, Prov. Sum-Ut : 1 orang, Prov. Jateng : 1 orang, Prov. Banten : 1 orang.

(Maulidi/Faisal)

Related Posts