Aleppo Dibebaskan, Presiden Suriah Janji Terus Lakukan Serangan

Suriah, thetanjungpuratimes.com – Presiden Suriah Bashar al-Assad mengatakan pada Rabu (14/12), pasukan pemerintahan akan terus melancarkan serangan terhadap para pemberontak di negaranya setelah kota Aleppo dibebaskan dari kelompok oposisi.

Dalam wawancaranya dengan stasiun televisi Russia 24 yang disiarkan Rabu, al-Assad menyatakan tekad untuk merebut kembali kota bersejarah di Suriah tengah, Palmyra. Sementara pasukan Suriah telah membuat terobosan besar dalam serangannya baru-baru ini untuk membersihkan Aleppo dari kendali para milisi.

Sebelumnya pada Rabu menurut pusat Rusia untuk rekonsiliasi Suriah, tentara-tentara Suriah membebaskan salah satu dari wilayah-wilayah terakhir di Aleppo yang masih diduduki para opisisi. Militer kemudian mengerucutkan daerah yang dikendalikan kelompok militan menjadi hanya 2,5 kilometer persegi.

Al-Assad menganggap presiden terpilih Amerika Serikat, Donald Trump, sebagai “sekutu alami” bagi Damaskus jika Trump mau menjaga janji memerangi terorisme dan tidak mencampuri urusan dalam negeri negara-negara lain.

Ketika berbicara soal rencana membangun kembali negaranya yang hancur karena konflik selama bertahun-tahun, al-Assad berharap para pengungsi yang telah meninggalkan Suriah untuk pulang.

Ia juga mengatakan akan memberikan prioritas kepada Rusia, China, Iran dan negara-negara lain untuk terlibat dalam pembangunan kembali Suriah pascaperang.

(Suara/dd)

Related Posts