Begini Cara Aman ‘Berselancar’ di Dunia Maya

Apapun bisa terjadi di dunia maya baik hal positif maupun negatif. Banyak korban kejahatan dunia maya akibat seseorang tidak bersikap ‘menggampangkan’ hal-hal yang harusnya menjadi perhatian khusus.

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan agar Anda ‘selamat’ saat berselancar di dunia maya, dikutip dari The Guardian.

1. Gunakan password yang unik untuk semua akun Anda

Hentikan menggunakan kembali password pada akun yang tidak penting atau bahwa Anda memiliki skema bahwa password tidak bisa dipecahkan orang lain. Setiap akun sebaiknya harus memiliki password yang unik, yang berbeda dari orang lain.

2. Gunakan password manager

Software seperti LastPass (gratis) atau 1Password (2.99 dolar AS per bulan bulan atau 49 dolar AS), yang akan menyimpan password Anda. Sehingga akan aman dan ter-sync di beberapa perangkat.

Buat Anda yang memiliki banyak akun, mungkin kesulitan mengingatnya dan software ini dapat membantu. Caranya, pilih password manager, instal pada desktop Anda dan mulai menjalankannya.

Bahkan tidak harus mengubah password Anda sekaligus, software akan melihat ketika Anda login dan menanyakan apakah Anda ingin menyimpan password baru.

3. Gunakan password acak

Setelah Anda punya password manager, Anda dapat menggunakannya untuk menghasilkan password acak yang aman. Dibandingkan mencoba mencari sendiri.

Caranya, Anda sudah punya password manager. Jika belum seperti Apple Safari, dengan senang hati akan menghasilkan password acak ketika mendaftar untuk akun baru, kemudian menyimpannya di iCloud Keychain.

4. Hidupkan verifikasi dua langkah di mana-mana

Banyak layanan, termasuk Facebook, Google, Twitter, Tumblr, dan lainnya, memungkinkan Anda mengaktifkan verifikasi dua langkah, juga dikenal sebagai otentikasi dua faktor. Anda perlu membuktikan bahwa Anda memiliki akses ke perangkat kedua, biasanya telepon, untuk log on.

Bagaimana membuktikan bahwa bervariasi? Kadang-kadang teks yang dikirim, kadang-kadang menggunakan aplikasi khusus, kadang-kadang hanya menekan pemberitahuan pada ponsel Anda.

Verifikasi dua langkah mencegah pihak ketiga dari log in ke akun Anda, bahkan jika mereka telah berhasil mencuri password. Ini lapisan tambahan keamanan, yang membuatnya sangat sulit untuk diretas.

5. Memperbarui perangkat lunak Anda

Kebanyakan perangkat lunak memiliki fungsi update otomatis. Gunakan.

Kebanyakan peretasan dilakukan dengan menyerang perangkat lunak yang sudah dikenal kelemahannya. Ini seperti kami telah menemukan vaksin, namun Anda masih terkena cacar.

Fokus khusus harus diberikan untuk sistem operasi Anda, web browser, dan Adobe Flash. Caranya, aktifkan pembaruan otomatis.

(Suara/dd)

Related Posts