Astra Honda Motor Perkuat Pendidikan SMK di Kalbar

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – PT Astra Honda Motor (AHM) bersama Main Dealer Astra Motor Pontianak memperkuat program pendidikan tingkat SMK di Kalimantan Barat melalui Tempat Uji Kompetensi (TUK) di sejumlah sekolah di provinsi itu.

“Kami telah meresmikan dua SMK TUK, SMK Jurusan Teknik Sepeda Motor Astra Honda, dan melakukan MoU dengan tiga SMK TSM Astra Honda di wilayah Kalimantan Barat,” ujar Senior Manager Technical Traning AHM Handy Hariko di Pontianak, Rabu (21/12).

Handy menjelaskan saat ini sudah ada 11 SMK di Kalbar yang telah bekerjasama dengan Astra untuk TUK, sementara secara nasional sudah ada 620 SMK.

“Ke depan jika ada SMK yang ingin bekerjasama dengan kami untuk TUK terbuka lebar, selama sekolah itu memiliki jurusan teknik sepeda motor dan jurusan itu memiliki izin,” kata dia.

Handy menegaskan adanya TUK SMK TSM tersebut merupakan salah satu bentuk peningkatan kualitas terhadap program SMK TSM Astra Honda, sehingga para lulusannya bisa memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

“SMKN 1 Sintang dan SMK N 2 Pontianak yang sudah melakukan kerjasama melalui program SMK Binaan, kini resmi menjadi dua SMK Pertama di Kalimantan Barat sebagai TUK SMK TSM Astra Honda,” katanya.

Pihaknya akan terus mendorong SMK binaan Honda lain agar bisa segera menyusul menjadi TUK SMK TSM Astra Honda berikutnya, harapnya.

Menurutnya, untuk menjadi TUK SMK TSM Astra Honda, setiap SMK binaan harus mengikuti standarisasi yang sudah ditentukan oleh AHM.

Standar tersebut meliputi dari ruang praktek, kelengkapan sarana laboratorium, unit sepeda motor yang bervariasi serta “tools” (alat) dan “equipment” (peralatan) yang lengkap sesuai dengan yang disyaratkan oleh AHM.

“Selain itu, keberadaan tenaga pengajar atau guru juga harus dipenuhi oleh para SMK calon TUK,” teranngya.

Ia menambahkan program SMK TUK juga sebagai program “link and match” antara dunia Pendidikan denga Dunia Industri, dimana setiap lulusan dari SMK KTSM Honda mendapat kesempatan untuk langsung mengikuti seleksi dan bekerja di Jaringan bengkel Resmi Honda di Kalbar.

“Saat ini Astra motor memiliki 89 Ahass dengan 377 tenaga mekanik terampil yang tersebar di seluruh Kalbar,” kata dia.

(Ant/dd)

Related Posts