Walhi Minta Tindak Tegas Perusahaan Perusak Lingkungan

Sumut, thetanjungpuratimes.com – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), Sumatera Utara minta pemerintah menindak tegas perusahaan yang telah terbukti merusak lingkungan, dan juga dapat membahayakan keselamatan masyarakat.

“Perusahaan yang sengaja membakar hutan lindung untuk dijadikan lahan dan perkebunan tidak boleh dibiarkan, serta harus diproses secara hukum,” kata Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumut, Dana Tarigan, seperti dikutip bumn.go.id.

Perusahaan tersebut, menurut dia, tidak hanya diajukan ke pengadilan, tetapi juga izin operasionalnya dicabut dan tidak diberikan untuk selamanya. Hal ini dilakukan agar dapat memberikan efek jera bagi perusahaan lainnya.

“Sebab, selama ini perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan sawit banyak yang melanggar peraturan dengan membakar lahan hutan negara yang harus dilindungi,” ujar Dana.

Ia menyebutkan, perusahaan pembakar hutan tersebut banyak terdapat di Provinsi Riau, Provinsi Sumatera Selatan dan beberapa daerah lainnya, sehingga menimbulkan bencana nasional. Bahkan, akibat kebakaran hutan tersebut, Pemerintah Pusat, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), personel TNI-Polri, serta masyarakat terpaksa bekerja keras untuk memadamkan api.

“Peristiwa seperti itu, diharapkan jangan terulang lagi, karena mengeluarkan biaya yang cukup besar dalam menangani kebakaran hutan tersebut,” ucapnya. Dana mengatakan, pemerintah melalui KLHK harus melakukan pengawasan ketat terhadap perusahaan yang melakukan pengrusakan kawasan hutan tersebut. Walhi juga meminta KLHK melakukan pengawasan ekstra ketat terhadap perizinan yang diterbitkan oleh gubernur dan bupati/wali kota.

(Rimanews/Faisal)

Related Posts