Ini Reaksi KY atas Vonis Bebas La Nyalla

Jakarta, thetanjungpuratimes.com – Komisi Yudisial (KY) menghimbau kepada seluruh pihak untuk menghormati putusan Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi yang memvonis bebas Mantan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur La Nyalla Mahmud Mattalitti.

“Dorongan dan dukungan diserukan kepada aparat penegak hukum untuk terus memproses apapun temuannya, termasuk melakukan kerjasama intensif jika mungkin dengan aparat yang lain, seperti KPK misalnya,” ujar.

Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta memvonis bebas mantan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur La Nyalla Mahmud Mattalitti dari semua dakwaan dalam perkara korupsi penggunaan dana hibah pengembangan ekonomi Provinsi Jawa Timur.

La Nyalla Mattalitti, sebelumnya dituntut enam tahun penjara oleh jaksa penuntut umum Kejaksaan Tinggi Jawa Timur dalam perkara korupsi dana hibah provinsi Jawa Timur tahun 2011-2014. Awalnya, Pemprov Jawa Timur menganggarkan dana hibah dengan total Rp 48 miliar dalam APBD.

Namun, La Nyalla bersama-sama dengan Wakil Ketua Kadin Jatim, Diar Kusuma Putra dan Nelson Sembiring, justru menggunakan dana hibah untuk membeli saham perdana Bank Jatim ternyata berasal dari rekening Kadin di Bank Jatim. Berdasarkan audit BPKP, jumlah kerugian negara dalam korupsi dana hibah tersebut mencapai Rp 26.654.556.219.

KY sendiri menegaskan akan terus memperhatikan kasus ini. Mengingat proses hukum terhadap La Nyalla tetap masih berjalan.

“Dari Komisi Yudisial sendiri, ini akan jadi catatan kami, dan lagi-lagi karena proses hukumnya masih berjalan. kami belum bisa memberikan keterangan apapun, namun, kami pastikan apapun itu akan ada tindaklanjutnya,” katanya.

(Rimanews/Faisal)

Related Posts