Kapolda sebut Jumlah TKA China di Ketapang hanya 234 Orang

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Sempat tersiar kabar bahwa ada sekitar tiga sampai empat ribu tenaga kerja asing asal China yang bekerja di PT Well Harvest Winning Alumina Refinery (PT.WHW AR), yang berlokasi di Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang.

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Irjen Pol Musyafak membantah adanya TKA dengan jumlah tersebut, karena jumlahnya TKA asal China hanya 234 orang TKA yang bekerja di perusahaan tambang aluminium itu.

“Tiga yang hari lalu saya mengecek langsung terkait informasi tentang tenaga kerja asing yang bekerja di Ketapang, hasilnya tercatat sebanyak 234 orang tenaga kerja asing asal China yang bekerja disana,” kata Musyafak di dalam keterangan persnya di Pontianak, Jumat (30/12).

Dari hasil kunjungan kerja itu, Kapolda secara langsung mengecek TKA di WHW yang pada saat perusahaan itu sudah selesai, sehingga pekerja ada yang pulang dahulu, tetapi dirinya belum mengetahui apakah akan kembali lagi ke Ketapang atau tidak.

“Memang diantara mereka ada pekerja kasar, dan untuk mandornya sudah ada yang pulang, namun saya berharap masyarakat dan instansi terkait terus memberikan informasi kepada kami sehingga mereka bisa tercatat dengan benar,” pintanya.

Dirinya juga menginformasikan bahwa pada Jumat (hari ini, red) ada tim dari Mabes Polri turun ke lokasi untuk mengecek kebenaran mengenai banyaknya informasi di lapangan yang menyatakan banyaknya tenaga kerja asing di Ketapang.

“Saya tegaskan bahwa informasi keberadaan tenaga kerja asing yang jumlahnya sampai ribuan itu tidak benar,” pungkasnya.

(Maulidi/Faisal)

Related Posts