Panas-panasan Ternyata Bermanfaat Buat Kesehatan

Thetanjungpuratimes.com-Cuaca cerah seringkali dikeluhkan banyak orang karena menghasilkan panas yang cukup menyengat kulit. Padahal tak sedikit penelitian yang mengaitkan dampak paparan sinar matahari dengan kesehatan tulang dan suasana hati yang meningkat karena kandungan vitamin D didalamnya.

Apalagi sebuah studi terbaru yang dilakukan peneliti di Georgetown University Medical Center menemukan bahwa paparan sinar matahari juga mendatangkan manfaat lainnya bagi kesehatan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinar matahari memberikan energi pada sel T. Pada gilirannya, hal ini membuat kekebalan tubuh akan meningkat dan memberi kemampuan dalam melawan infeksi.

“Secara khusus tim kami menemukan bahwa cahaya biru dalam sinar matahari membuat sel T bergerak lebih cepat sehingga kekebalan tubuh dalam melawan infeksi juga meningkat,” ujar peneliti Gerard Ahern.

Ahern menyebut, temuan ini memperjelas studi sebelumnya yang lebih banyak menyoroti manfaat Vitamin D pada paparan sinar matahari. Seperti manfaat berenang selama 30 menit di luar ruangan yang dapat meningkatkan kadar Vitamin D untuk kesehatan tulang yang lebih baik dan menurunkan risiko kanker.

Meski demikian, Ahern menyebut, ada periode waktu yang disarankan untuk mendapat manfaat dari paparan sinar matahari. Yakni sebelum pukul 10.00 siang dan di atas pukul 16.00 sore.

(Medical Daily/suara.com/Muhammad)

Related Posts