Polda Papua Perikssa Ijasah Bupati Mimika

Timika, thetanjungpuratimes.com – Kepala Kepolisian Resor Mimika AKBP Victor Dean Mackbon mengakui tim penyidik pada Direktorat Reserse dan Kriminal Umum Polda Papua kini tengah menyelidiki dugaan ijazah palsu Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

“Terkait dugaan ijazah palsu saudara bupati Mimika memang sedang diselidiki oleh Polda Papua,” kata Victor di Timika, Minggu (1/1).

Menurut dia, penyidik Polda Papua sudah memeriksa sejumlah saksi terkait kasus tersebut.

Para saksi yang diperiksa antara lain sejumlah mantan anggota KPU Mimika dan staf Sekretariat KPU Mimika yang meneliti berkas persyaratan pencalonan Eltinus Omaleng saat mendaftarkan diri mengikuti Pilkada Mimika pada 2013 silam.

Penyidik juga telah meminta keterangan dan informasi dari pihak sekolah (SMP, SMA, dan Universitas) yang menerbitkan ijazah yang bersangkutan.

“Pak Bupati (Eltinus Omaleng) juga sudah diperiksa sebagai saksi. Jadi sudah ada pemeriksaan kepada yang bersangkutan,” kata Victor.

Kasus dugaan kepemilikan ijazah palsu Bupati Mimika Eltinus Omaleng dilaporkan oleh sejumlah anggota DPRD Mimika.

Bahkan DPRD Mimika dalam rapat pleno terbuka beberapa waktu lalu telah menyatakan sikap untuk memberhentikan Bupati Eltinus Omaleng dari jabatannya.

Proses pemberhentian Bupati Eltinus Omaleng tersebut kini sudah ditindaklanjuti oleh kalangan DPRD setempat hingga ke Mahkamah Agung RI di Jakarta.

Meski menghadapi “serangan” dari kalangan DPRD, Bupati Eltinus Omaleng tidak mau bergeming.

Ditemui beberapa waktu lalu, Bupati Eltinus Omaleng malah mempertanyakan keberadaan 35 anggota DPRD Mimika yang dinilai sudah tidak sah pasca terbitnya keputusan Pengadilan Tata Usaha Negara Jayapura.

Dalam keputusannya beberapa waktu lalu majelis hakim PTUN Jayapura membatalkan SK Gubernur Papua tentang pelantikan 35 anggota DPRD Mimika pada November 2015.

Bupati Omaleng juga menyatakan tidak takut lantaran tidak melakukan korupsi atau hal-hal yang bertentangan dengan aturan yang berlaku di NKRI.

“Saya tidak makan uang rakyat. Saya juga tidak melanggar aturan di republik ini. Untuk apa mereka persoalkan saya lalu melaporkan saya kemana-mana,” ujarnya.

Bupati Eltinus Omaleng bersama pasangannya Yohanis Bassang terpilih menjadi Bupati-Wabup Mimika setelah memenangkan Pilkada putaran kedua pada akhir Mei 2014.

Pasangan Omaleng-Bassang (OMBAS) dilantik oleh Gubernur Papua Lukas Enembe pada 5 September 2014.

(Antara/Faisal)

Related Posts