Tim Pengawas Orang Asing Dinilai Gagal

Jakarta, thetanjungpuratimes.com – Anggota Komisi III DPR RI, Muslim Ayub, mengkritik kerja Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) yang dinilai gagal dalam pengawasan terhadap warga negara asing, karena banyak menyalahi izin tinggal di Indonesia.

“Yang jadi persoalan itu, misalnya imigrasi dengan Kemenkumham sudah buat Timpora, tim pengawasan orang asing, tapi itu tidak kerja sama sekali. Itu sudah dibentuk di provinsi seperti medan, kalimantan, dan surabaya. Banyak yang tidak diawasi dan jadi persoalan, karena banyak turis yang izinnya disalahgunakan,” ujar Muslim kepada wartawan.

Muslim mengaku sudah mendengar kabar ada perusahaan yang berafiliasi dengan negara China, tetapi menggunakan pegawai dari negara tirai bambu itu. Diduga, mereka menggunakan visa turis.

“Dia boleh mengambil tenaga kerja, tapi yang jelas bukan sektor informal. Kecuali kekhususan tertentu,” katanya.

Lebih jauh, dia pun curiga warga negara asing ini menggunakan visa turis dan kemudian disalahgunakan untuk kepentingan pekerjaan. Batas kunjungan bagi turis asing yakni sebulan, namun sengaja diperpanjang untuk kepentingan lain.

“Menyangkut turis kan kita tidak ada batasan, yang penting sebulan sekali keluar, tapi yang jadi masalah itu-itu aja orangnya,” katanya.

Oleh karena itu, dia menilai kinerja Timpora sama sekali tidak efektif dalam mengawasi warga negara asing.

“Memang tidak efektif, tidak kerja sama sekali,” katanya.

(rimanews.com/Muhammad)

Related Posts