Kehadiran Transmigran untuk Berdayakan SDA Kubu Raya

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com-Ketua Perhimpunan Anak Transmigran Kabupaten Kubu Raya, Edi Suhairul, mengatakan, bahwa kehadiran para transmigran ke Kubu Raya harus diterima untuk memberdayakan semua potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di seluruh kawasan Kabupaten Kubu Raya dan transmigrasi sendiri saat ini sudah banyak melakukan program-program pembaharuan.

Menurut dia, hal tersebut artinya semua calon transmigran sudah dilakukan seleksi mulai dari daerah asalnya.

“Sampai ke Kabupaten Kubu Raya ini transmigran tersebut juga sudah terseleksi dan sesuai dengan kebutuhan Kabupaten Kubu Raya ini sendiri,” ujar dia saat ditemui thetanjungpuratimes.com, pada Jumat (06/01) siang.

Dikatakannya, seleksi dan penempatan para transmigran yang didampinginya dari penghimpunan transmigrasi sudah ditempatkan di beberapa daerah di Kabupaten Kubu Raya. Dan Rasau Jaya yang menjadi pusat transmigrasi itu sendiri, kini sudah menjadi kawasan terpadu transmigrasi.

“Selain itu para transmigran sekarang juga ada di Kecamatan terentang, Kecamatan Kubu, dan Kecamatan Sungai Kakap, di dalam beberapa kawasan desa yang berada di sekitarnya,” jelasnya.

Dijelaskannya, dengan luasnya wilayah Kabupaten Kubu Raya, para transmigrasi harus diterima kedatangannya ke Kabupaten Kubu Raya untuk memberdayakan SDA yang ada di wilayah Kabupaten Kubu Raya.

“Karena, kalau tidak begitu, SDA yang ada di Kabupaten Kubu Raya dengan area yang luas ini, tidak akan tergarap, karena tidak sebanding dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang masih sedikit, akibatnya masih banyak lahan yang tidak tergarap, sehingga dengan adanya transmigrasi, hal tersebut dapat diatasi,” jelasnya.

(Viky/Muh)

Related Posts