Komaruddin Hidayat: Hoax Itu Sejenis Korupsi

Jakarta, thetanjungpuratimes.com – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak masyakarat dan komunitas untuk bersama-sama mengatasi berita hoax.

“Peran serta masyarakat begitu penting dan pemerintah akan mengajak masyarakat,” kata Rudiantara ketika sosialisasi bersama Masyarakat Indonesia Anti Hoax di Jalan Sudirman, Jakarta, Minggu (8/1).

Perang melawan hoax saat ini dilakukan dari hulu, yaitu dengan mengadakan literasi dan sosialisasi agar masyarakat Indonesia mendapatkan konten yang sehat.

Kominfo menyediakan fasilitas pengaduan bagi masyarakat namun dengan bekerja sama dengan komunitas, dia berharap ada penapisan dari masyarakat langsung.

“Ada self filtering dari kita semua,” kata dia.

Sosialisasi juga dilakukan ke sekolah dan juga membuat white list, daftar putih, situs yang sebaiknya diakses oleh lembaga pendidikan formal maupun informal, sejak 2015.

Rudiantara berharap pada 2019 mendatang, daftar putih yang kini berjumlah sekitar 100 ribu situs dapat berjumlah lebih banyak dari black list.

Cendikiawan muslim Komaruddin Hidayat ikut serta acara tersebut. Dia mengatakan hoax sejenis dengan korupsi dan sifat curang sehingga harus dilawan.

Bila tidak ingin bangsa hancur, kata dia, masyarakat harus bergerak untuk memerangi hoax.

(Suara.com/Faisal)

Related Posts