Tanzania Perangi Peternak yang Mengambil Rumput di Taman Nasional

Tanzania, thetanjungpuratimes.com – Tanzania telah mengumumkan perang baru melawan peternak yang membawa hewan peliharaan mereka ke dalam taman nasional, dan mengatakan perbuatan tersebut telah mengancam bisa mematikan suaka alam di negeri itu.

Jumanne Maghembe, Menteri Urusan Pariwisata dan Sumber Daya Alam Tanzania pada Ahad (8/1) mengatakan Taman Nasional Serengeti termasuk di antara taman yang paling terpengaruh karena ternak peliharaan memakan rumput di taman nasional negara Afrika Timur tersebut.

Taman nasional tertua dan terbesar kedua di Tanzania itu setelah Taman Nasional Ruaha juga menjadi Lokasi Warisan Dunia UNESCo dan berada di Tanzania Utara.

“Perang kami berjalan lancar melawan perburuan hewan secara tidak sah, tapi perang serius yang masih ada ialah pengambilan rumput secara membabi-buta, yang mengancam upaya pelestarian kami,” kata Maghembe, sebagaimana dikutip Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Senin pagi. “Banyak laporan mengatakan peternak telah membawa hewan peliharaan mereka ke dalam daerah yang dilindungi,” kata menteri tersebut.

Ia menyatakan pemerintah takkan membiarkan apa pun terlewatkan dalam perang baru melawan peternak, yang telah menyusup ke dalam taman nasional untuk mengambil rumput.

“Kami menyadari tantangan ini dan kami akan melakukan semua tindakan yang perlu guna menjamin taman kami terbebas dari pelanggar dan orang masuk tanpa izin,” katanya. Ia menambahkan ternak yang ditemukan di dalam taman nasional akan disita dan pemiliknya akan diseret ke pengadilan untuk dikenakan tindakan lebih lanjut.

Menteri tersebut juga menyatakan pembalakan liar dan pembuatan arang kayu adalah tantangan lain yang dihadapi upaya pelestarian margasatwa di Tanzania.

Sektor pariwisata Tanzania menghasilkan dua miliar dolar AS per tahun dan memberi sumbangan 12,2 persen bagi lapangan kerja di negara Afrika Timur itu.

Menurut World Travel & Tourism Council Tanzania Country Report, 90 persen wisatawan yang datang ke Tanzania mengunjungi taman nasional Daerah Pelestarian Alam Ngorongoro dan Pulau Rempah-Rempah Zanzibar.

(Antara/Faisal)

Related Posts