Pemkab Kapuas Hulu Komitmen Benahi Pasar Pagi

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu terus berupaya agar Pasar Pagi di Kecamatan Putussibau Utara, tetap tertib. Pedagang yang sebelumnya berjualan di samping badan jalan sudah mulai menempati lokasi Koperasi Pasar yang sebelumnya sudah dibenahi oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil, Menengah dan Perdagangan (DKUKMP).

Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir SH dalam beberapa kesempatan menegaskan agar permasalahan di Pasar Pagi tersebut segera diselesaikan. Dia menghendaki para pedagang yang tidak mendapatkan tempat, dan berjualan di piggir badan jalan bisa disediakan tempat oleh dinas terkait.

“Kalau tempat sudah disiapkan, tinggal pedagang ditertibkan saja. Jangan biarkan lagi berjualan dijalan,” ujarnya.

Dalam membenahi pasar pagi tersebut, Bupati juga meminta lintas instansi terkait untuk saling membantu. Jangan semata dibebankan pada satu dinas saja.

“SKPD kita yang terkaitkan adanya banyak, Pol PP, Perhubungan dan Perdagangan. Saya rasa mereka bisa kerja sama menyelesaikan masalah di situ (Pasar Pagi),” ujarnya.

Sementara itu, Kepala DKUKMP Kapuas Hulu, Abang Chairul Saleh menuturkan pihaknya telah melakukan pembenahan di lokasi Kopas. Para pedagang yang sebelumnya jualan di badan jalan pun sudah ditertibkan, dan sudah berjualan di bagian dalam pasar, dalam penertiban pedagang pihaknya bekerjasama dengan dinas-dinas terkait, seperti Pol PP, Perhubungan, dan beberapa pihak terkait.

“Sudah kami sediakan tempat, kebanyak sudah ditempati, penjual disisi jalan juga sudah tidak ada lagi,” ujarnya.

Ditambahkan Kasat Pol PP, Abang Sudarmo, dalam melakukan penertiban para pedagang, pihaknya tidak menerapkan sistem paksa, melainkan dengan pendekan. Bahkan, kata Sudarmo, Sekda Kapuas Hulu, Ir H Muhammad Sukri sempat turun langsung ke pasar tersebut untuk memberi pemahaman kepada para pedagang.

“Waktu penertiban kemarin saya sudah instruksikan tidak ada main paksa-paksa, kita lakukan dengan cara pendekatan. Mereka (Pedagang) yang di dekat jalan dan di sekitar gang Swadaya yang mau pindah, kami bantu untuk memindahkannya. Bagi mereka yang tidak mau pindah kami biarkan, tapi ujung-ujung pindah sendiri karena yang lain sudah pindah,” terangnya.

Sudarmo pun mengimbau agar para pedagang di Pasar Pagi tetap memperhatikan ketertiban umum. Jangan sampai, aktifitas jual beli justru mengganggu masyarakat umum disekitarnya.

(Yohanes/Faisal)

Related Posts