Ini Dia Enam Sumber Karbohidrat Sehat

Thetanjungpuratimes.com – Tubuh dan otak kita membutuhkan karbohidrat agar bisa bekerja secara efektif. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua karbohidrat diciptakan sama.

Buah-buahan, susu dan sayuran adalah sumber karbohidrat. Ketika kita bicara makanan yang mengandung pati atau tepung, berarti kita harus bicara tentang karbohidrat ‘baik’ dan karbohidrat ‘buruk’.

Ketika kita makan karbohidrat ‘buruk’ sepanjang waktu, dapat meningkatkan risiko terkena penyakit seperti jantung dan diabetes.

Di sisi lain, makan karbohidrat ‘baik’ dapat mengurangi risiko penyakit yang sama, bahkan membantu Anda untuk menurunkan berat badan karena mereka umumnya kaya akan serat. Satu studi dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa makan tiga porsi biji-bijian setiap hari, dapat membantu mengurangi total lemak tubuh dan lemak perut secara signifikan.

Berikut adalah enam contoh makanan karbohidrat baik untuk Anda konsumsi ketika sedang menjalani diet rendah karbohidrat yang dihimpun Meet Doctor, setelah ditinjau oleh dr. Adnan Yusuf.

  1. Pasta gandum utuh

Pasta gandum utuh menawarkan dua sampai tiga kali lebih banyak serat daripada jenis yang putih halus. Pasta gandum utuh juga mengandung lebih banyak serat sehingga lebih sulit dicerna tubuh sehingga lebih dapat menjaga kestabilan gula darah.

  1. Quinoa

Quinoa sarat akan serat dan protein, yaitu dua gram serat dan empat gram protein persetengah cangkir. Protein dan serat dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

  1. Barley

Barley mengandung serat larut yang bisa membantu menjaga kadar kolesterol darah tetap di batas sehat.

  1. Bulgur

Bulgur  juga merupakan sumber serat yang baik. Hanya setengah cangkir, mengandung lima gram serat.

  1. Gandum Beri

Gandum Beri adalah sumber yang hebat dari vitamin B, zat besi, magnesium, seng dan serat.

  1. Popcorn

Mungkin ini diluar perkiraan Anda yang selama ini menganggap semua jenis popcorn tidak sehat. Popcorn gandum utuh dapat menggantikan keinginan Anda makan camilan tak sehat seperti kue manis atau keripik kentang. Tiga cangkir popcorn setara dengan sepertiga jumlah rekomendasi harian biji-bijian yang dianjurkan untuk Anda konsumsi dan mengandung tiga gram serat.

(suara.com/Muh)

Related Posts