Sewakan Pulau pada Asing Bahayakan NKRI

Jakarta, thetanjungpuratimes.com  – Anggota DPR RI, Sutan Adil Hendra, menilai, pemerintah tidak cerdas mencari pemasukan negara dengan menyewakan pulau-pulau yang ada kepada pihak asing karena bisa membahayakan NKRI.

“Pemerintah harusnya cerdas, pemasukan bisa dari pajak maupun tax amnesty. Tapi kalau menyewakan pulau itu langkah cerdas untuk menambah masalah baru,” kata Sutan Adil di Jakarta.

Sebelumnya, Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, mengatakan, ada sekitar 4.000 pulau di Indonesia yang bisa dikelola dengan baik termasuk disewakan. Pulau-pulau itu juga bisa menjadi pendapatan bagi negara.

Selain itu, kata Adil, menyewakan pulau kepada orang asing akan membahayakan keutuhan NKRI.

“Memberi kesempatan ke asing itu berbahaya. Apalagi pengontrolan kita terhadap pulau-pulau masih minim. Saya menolak rencana pemerintah tersebut karena berdampak kepada NKRI dan juga melanggar UUD 45 pasal 33 ayat 2. Itu jelas dan terang benderang, pasal 33 ayat 2 juga diatur bahwa pengelolaannya tidak semudah itu diserahkan begitu saja ke asing,” kata Politisi Partai Gerindra itu.

Ia bahkan mempertanyakan langkah pemerintah tersebut. Sebab, seharusnya pemerintah memberdayakan masyarakat setempat untuk mengelola pulau-pulau.

“Kenapa harus disewakan ke orang asing untuk mengelola pulau-pulau ? Berdayakan saja masyarakat setempat. Saya yakin masyarakat setempat mampu mengelola dengan baik dan memberikan keuntungan bagi negara,” kata dia.

Ia juga meminta pemerintah untuk memikirkan ulang rencana tersebut.

“Masyarakat setempat bisa terusir dan bagaimana anak cucu mereka. Pemerintah pelajari dulu lah. Kalau tetap disewakan kepada orang asing, pemerintah salah kaprah,” kata wakil Ketua Komisi X DPR RI itu.

(rimanews.com/muh)

Related Posts