Legislator Pontianak: Bus Trans Pontianak Harus Sasar ASN, Jangan hanya Pelajar dan Masyarakat

Pontianak,thetanjungpuratimea.com – Anggota DPRD Kota Pontianak, Herman Hofi Munawar mengatakan pemerintah tidak bisa hanya mengandalkan Trans Pontianak di shelter/halte yang lokasinya jauh dari perumahan penduduk.

Perlu ada angkutan terusan yang menghubungkannya. Dia mengusulkan opelet agar dijadikan pendukung.

“Tentu saja opelet yang fisik dan aksesorisnya bagus. Kalau hanya mengharapkan anak sekolah dan masyarakat umum datang ke halte untuk naik bus. Saya tidak yakin akan berhasil,” ungkapnya, Jumat (20/1).

Adanya Trans Pontianak, katanya jadi pintu masuk untuk membuat desain tata transportasi Kota Pontianak. Penataan transportasi kota akan membawa efek ganda. Selain sebagai sarana transportasi, juga bisa dijadikan sarana penunjang destinasi wisata.

“Tentu saja perlu konsep yang jelas dan komprehensif agar transportasi kota tersebut memiliki efek ganda bagi masyarakat Kota Pontianak. Untuk itu desain bus yang digunakan juga harus memiliki daya tarik bagi masyarakat,” terangnya.

Desain tata transportasi penting mengingat infrastruktur jalan di Pontianak sudah bagus dan lebar.

Menurutnya keadaan ini memungkinkan bus dimaksimalkan. Namun, bantuan bus Pemerintah Pusat sebagaimana keterangan dari Pemkot menyasar pelajar dan masyarakat umum. Herman berpendapat, Aparatur Sipil Negara (ASN) juga harus jadi sasaran.

“Kalau semua pelajar dan ASN diwajibkan untuk menggunakan bus ini, maka dapat diprediksi 50 persen kemacetan akan dapat teratasi,” katanya.

Jika bisa melibatkan semua ASN di Pontianak, tentu saja perlu ada penambahan sejumlah armada bus. Politisi PPP ini menilai, penambahannya bisa saja melibatkan pihak swasta untuk berinvestasi.

“Namun semua itu harus berawal dari penataan desain transportasi kota,” pungkasnya

(Agustiandi/Faisal)

Related Posts