LTSP TKI Jamin Data Akurat Calon TKI

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Kepala Dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) kabupaten Sambas, Sunaryo mengatakan kesiapan pihaknya dalam memberikan pelayanan layanan terpadu satu pintu (LTSP) bagi calon tenaga kerja Indonesia (TKI).

“Dalam hal ini Disdukcapil diminta untuk mempersiapkan tiga personil, sementara dari Disdukcapil sendiri sudah siap, tinggal menunggu uji coba peralatan yang ada, Disdukcapil merupakan salah satu instansi dalam memberikan pelayanan LTSP bagi calon TKI, tinggal menunggu pelaksanaan uji coba peralatan yang sudah didatangkan untuk pelayanan tersebut,” ujarnya, Jumat (20/1).

Disebutkan pelayanan Disdukcapil diberikan dalam LTSP, dalam melengkapi berkas untuk kelengkapan dokumen keimigrasian.

“Dokumen kependudukan merupakan syarat-syarat yang diperlukan untuk mengurus pembuatan paspor dan administrasi yang lainya bagi calon TKI. Sehingga semakin memudahkan calon TKI, juga dengan harapan melalui LTSP pelayanan menjadi semkin baik,” sebutnya.

Sunaryo mengungkapkan LTSP yang akan diterapkan meliputi beberapa instansi seperti Disdukcapil, Dinas tenaga kerja, kantor Imigrasi serta badan penempatan tenaga kerja.

“Dengan pelayanan satu pintu yang diberikan oleh Disdukcapil terhadap pelayanan kependudukan, akan menghilangkan praktik pemalsuan identitas bagi calon TKI. Walaupun saat ini pelayanan dengan satu data dan sistem online, pemalsuan mustahil dilakukan,” sebutnya.

Dengan LTSP akan semakin menjamin tidak terjadinya pemalsuan identitas calon TKI, apalagi berasal dari satu sumber data yang dimiliki sistem kependudukan, sehingga keakuratan data 100 persen terjamin.

Diketahui peralatan LTSP bagi calon TKI sudah berada di kabupaten Sambas beberapa waktu lalu, peralatan yang didatangkan dari Jakarta tersebut saat ini masih tersimpan di kantor Disnakertans kabupaten Sambas. Peralatan tersebut dalam upaya mendukung pelayanan yang maksimal bagi calon TKI, yang akan berangkat bekerja keluar negeri.

(Gindra/Faisal)

Related Posts