Pemkot Bakal Ambil Alih Seluruh Traffic Light di Pontianak

Pontianak, thetanjungpuratimes.com –  Wali Kota Pontianak, Sutarmidji mengatakan Pemerintah Kota akan mengambil alih semua traffic light yang ada di Kota Pontianak. Instruksi secara khusus pun sudah dia berikan ke Dinas Perhubungan kota.

Langkah ini diambil lantaran selama ini  banyak traffic light yang tidak berfungsi, terutama yang berada di bawah tanggung jawab Balai Jalan Nasional.

“Ambil alih saja semua, masyarakat kan tidak tahu, pokoknya kalau rusak Pemkot yang disalahkan. Dia tidak ambil pusing, apakah pihak Balai Jalan mau menyerahkannya atau tidak,” katanya Jumat (20/1).

Pemerintah Kota akan tetap mengambil alih aset tersebut karena penting bagi masyarakat. Jika pun tidak dimungkinkan, Sutarmidji hendak memasang sendiri lampu lalu lintas itu dengan menggunakan anggaran dari APBD.

“Jadi biar kami yang mengurusnya, bukan dia (Balai Jalan). Dia mau pasang tapi tak mengurus yang dimarah warga kan kami,” kesalnya.

Sejumlah traffic light yang dikelola Balai Jalan di Pontianak memang tidak berfungsi. Misalnya saja di simpang Jalan Kom Yos Sudarso dan Jalan Pak Kasih. Walau sudah lama rusak dan dikomunikasikan ke penanggung jawab, tetap saja tak ada respon didapat.

Pemerintah Kota sendiri memiliki anggaran pembangunan traffic light sebesar Rp900 Juta di tahun 2017. Rencananya, dana tersebut digunakan untuk membangun dua lampu pengatur lalu lintas di dua titik. Namun lokasinya masih dirahasiakan.

(Agustiandi/Faisal)

Related Posts