Akomodir Informasi Desa Polsek Tebas Bentuk Group WhatsApp

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Kapolsek Tebas AKP Supriyadi mengungkapkan, untuk mempercepat bentuk proaktif Polri terhadap masyarakat di sejumlah desa di wilayah hukum Polsek Tebas polres Sambas. Telah dilakukan pembentukan group WhatsApp (WA)  bagi kepala desa, bersama dengan Bhabinkamtibmas dan perangkat desa disetiap desa.
Group ini nantinya menurut Kapolsek Tebas, berfungsi menjadi sarana komunikasi dan mengakomodir informasi dari desa.

“Melalui media tersebut akan diketahui informasi dari desa dengan lebi cepat, sehingga langkah proaktif Polri dapat dilakukan untuk menangani atau menindaklanjuti informasi tersebut. Demikian pula dengan sosialisasi kepada masyarakat, dapat disampaikan kepada perangkat desa dan kepala desa. Yang selanjutnya akan disampaikan oleh perangkat desa kepada masyarakat,” terangnya, Selasa (24/1).

Untuk pembentukan group tersebut, pihaknya melalui setiap petugas Bhabin disetiap desa sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah desa.

“Upaya ini merupakan salah satu bentuk program dari Polri, berkaitan dengan penggelaran Bhabinkamtibmas disetiap desa dan kelurahan,” ujar Supriyadi.

Dikemukakan penggunaan fasilitas group WA oleh kepala desa dan perangkat desa bersama dengan Bhabin, akan lebih memudahkan lantaran dengan dukungan fasilitas berupa foto.

“Selain keterangan berupa tulisan, juga dapat dilihat foto dari kegiatan dan kejadian. Dengan demikian, akan semakin memudahkan mengambil tindakan apa yang akan dilakukan dalam setiap penanganan menindaklanutinya. Sehingga semakin cepat dan tepat,” kata Supriyadi.

Kendala untuk menggunakan sarana tersebut kata Supriyadi, masih ada lantaran diwilayah Polsek Tebas masih terdapat desa yang tidak dapat sinyal HP menggunakan fasilitas WA.

“Kendala tersebut hanya mungkin satu atau dua desa, namun bisa ditanggulangi. Sementara kendala lainya masih ada kepala desa yang belum bisa menggunakan fasilitas WA. Untuk hal inilah, setiap Bhabin melakukan koordinasi dengan kepala desa dan perangkat desa,” terang Kapolsek.

(Gindra/Faisal)

Related Posts