Diharapkan Setiap Kecamatan ada sekolah yang Bisa Menerapkan UNBK

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Anggota DPRD Kubu Raya, Agus Sudarmansyah menyebutkan seharusnya setiap ibukota kecamatan di Kabupaten Kubu Raya diharapkan ada minimal satu sekolah yang dapat melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Harapan kita untuk tahun ini, di sembilan kecamatan itu ada sekolah yang melaksanakan UNBK,” katanya, Selasa (31/1).

Pelaksanaan UNBK ini sudah menjadi keharusan bagi seluruh sekolah di Indonesia, tidak terkecuali di Kubu Raya.

“Tetapi jangan juga terkesan dipaksakan. Kalau memang fasilitas sekolah belum siap atau memadai, saya pikir jangan dimasukkan dalam usulan yang telah siap UNBK,” kata Agus.

Menurutnya, untuk saat ini, kemungkinan hanya sekolah-sekolah di sekitar perkotaan yang dapat melaksanakan UNBK. Lantaran suplai listriknya memadai, jaringannya internetnya juga bagus.

“Sekolahnya pun sudah ada yang mempunyai laboratorium komputer,” ungkap Agus.

Sementara sekolah di daerah pedalaman, pandai, kepulauan dan lainnya di Kubu Raya, menurut Agus, belum bisa terlalu diharapkan untuk melaksanakan UNBK.

“Tetapi kita berharap Dinas Pendidikan menyiapkannya sejak dini. Bukan berarti keadaan geografis Kubu Raya seperti ini, lantaran kita mengenyampingkan upaya optimal. Harus optimal,” tegasnya.

Penyiapan dari Dinas Pendidikan yang dimaksudkan Agus tersebut, di antaranya sarana dan prasana untuk melaksanakan UNBK, misalnya ketersediaan komputer dan lainnya. Sementara terkait dengan ketersediaan listrik dan jaringan internet, tentunya di lembaga terkait lainnya.

Sejak sekarang, tambah dia, Dinas Pendidikan Kubu Raya sudah harus menyiapkan sarana dan prasarana untuk pelaksanaan UNBK, agar tahun ajaran berikutnya, seluruh sekolah sudah siap melaksanakannya.

(Faisal)

Related Posts