Satgas TNI Berhasil Gagalkan Penyelundupan 80 Ton Pupuk Ilegal

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Sebanyak 80 ton pupuk Urea berhasil diamankan oleh anggota Satgas Kodam XII/Tpr dari sebuah kapal motor kayu di salah satu dermaga yang ada di jalan Kom Yos Sudarso, Minggu (29/1) lalu.

Diamankannya pupuk tersebut karena diduga tidak sesuai dengan dokumen atau izin yang resmi.

Kapendam XII/Tanjungpura, Kolonel Infanteri Tri Rana Subekti, S. Sos membenarkan adanya penggagalkan penyelundupan pupuk Urea itu.

“informasi itu atas keterangan dari Dandeninteldam XII/Tpr, yang berawal dari informasi warga terkait akan adanya upaya penyelendupan pupuk yang cukup banyak,” ujarnya, Rabu (1/2).

Dengan adanya informasi itu, ia melanjutkan bahwa Dandenintel pun memerintahkan dua anggotanya untuk mengecek kebenarannya tentang informasi tersebut.

“Setelah beberapa hari anggota Denintel mengendap, akhirnya membuahkan hasil, dan dapat menggagalkan pupuk jenis Urea seberat 80 ton yang tidak dilengkapi dengan dokumen yang resmi,” ujarnya.

Akhirnya sebagian pupuk itu pun diturunkan dari Kapal kemudian diamankan di Makodenintel.

Sementara itu, katanya sisa pupuk dari 80 ton tersebut masih ada di Kapal yang saat ini telah bersandar di pelabuhan Sheng Hie Pontianak.

“Selanjutnya barang bukti pupuk sudah diserahkan kepada pihak Polresta Pontianak, untuk dilakukan proses pemeriksaan dan pendalaman lebih lanjut,” ucapnya.

Dikatakannya, jajaran Kodam XII/Tpr selalu siap siaga melakukan pengawasan dilapangan untuk mengantisipasi segala bentuk tindak kejahatan, dan selalu siap untuk bekerja sama dengan pihak Kepolisian, maupun pihak berwenang lainnya.

(Maulidi/Faisal)

Related Posts