Anak Kecanduan Gadget, Ini Cara Mengatasinya

Thetanjungpuratimes.com – Diet tak hanya disiplin makan demi menurunkan berat badan saja. Pada anak-anak yang memiliki adiksi atau kecanduan terhadap gadget juga dianjurkan untuk menjalani diet.

Nah, diet seperti apa yang bisa mengatasi kecanduan gadget ?

Disampaikan psikolog Annelia Sari dari TigaGenerasi, diet untuk mengatasi kecanduan gadget bisa dilakukan dengan mengurangi durasi pemakaiannya.

Batas penggunaan gadget sendiri, kata dia, adalah dua jam per hari pada anak berusia di atas 2 tahun. Sedangkan pada anak berusia di bawah 2 tahun tidak boleh diperkenalkan sama sekali dengan gadget.

Ia mencontohkan, pada anak yang tak bisa lepas dari gadgetnya seharian, harus dikurangi perlahan-lahan menjadi 6 jam sehari, lalu 4 jam pada hari berikutnya hingga mencapai batas 2 jam sehari.

“Seminggu dua minggu mungkin anak akan ngamuk, tapi orangtua harus sabar, dan alihkan anak dengan kegiatan lain misalnya permainan di luar ruangan yang menyenangkan,” ujar dia Annelia pada temu media HiLo Drawing Competition 2017 di Jakarta.

Sedangkan pada anak yang tergolong mengalami adiksi ringan, Annelia menganjurkan agar orangtua langsung menghentikan pemakaian gadget sama sekali.

“Pada adiksi ringan memang tergolong lebih mudah diatasi daripada adiksi berat. Tapi orangtuanya harus mencontohkan. Jangan sampai anak dilarang, tapi orangtuanya tetap main gadget di depan anak,” tambah dia.

Bahkan, Annelia menyarankan orangtua memiliki spot tersendiri di rumah untuk menggunakan gadget. Sehingga orangtua dan anak bisa disiplin untuk mengatasi masalah kecanduan gadget.

“Sebaiknya orangtua punya gadget station di luar kamar. Jadi nggak hanya berlaku pada anak tapi orangtua. Begitu juga ketika makan, harus di meja makan tidak boleh sambil nonton televisi atau bermain gadget. Banyak yang bisa diajarkan orangtua saat momen makan tanpa gadget,” pungkas dia.

(suara.com/muh)

Related Posts