Program KB untuk Wujudkan Anak Berkualitas

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mendukung program yang selama ini gencar dilaksanakan oleh Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalbar.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, M Zeet Hamdy Assovie, saat menghadiri acara senam bersama mitra BKKBN di halaman Kantor BKKBN, jalan Dr Sudarso, pada Jumat (3/2).

“Pemprov selalu mendukung program BKKBN dan Pemprov juga punya Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) yang sudah jelas ada program keluarga berencananya,” katanya.

Tapi saat ini, lanjut dia,  program tersebut sudah masuk pada Asisten satu, biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra). Program Keluarga Berencana bukanlah milik satu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) saja, namun melekat pada seluruh SKPD yang ada.

Menurut M Zeet, kontek program KB, bukan hanya pada jumlah dua orang anak saja, melainkan kualitas anak dan seluruh keluarga, juga sangat diutamakan.

“Anak dua yang bagaimana, apa anak dua yang tidak sekolah, apa anak dua yang mohon maaf saja yang terlibat narkoba. Tapi anak dua yang dimaksud oleh negara adalah anak dua yang berkualitas,  sehat jasmani dan rohani untuk pemimpin masa depan,” ujarnya.

Untuk menciptakan anak yang sehat dan akan menjadi cikal bakal untuk menjadikan Negara Indonesia yang lebih maju, maka semua steakholder harus aktif berperan.

“Bagaimana bentuk kebijakan itu tersebar di seluruh SKPD, baik di PU, Kesehatan, Perpustakaan, Pendidikan dan lainnya,” sebutnya.

Ia juga mengklaim tren kependudukan di Kalbar sangat proporsional, dimana setiap tahunnya, pertumbuhan penduduk pertahunnya hanya 1,2 persen.

(Agustiandi/Muh)

Related Posts