Sambas Miliki 67 Destinasi Wisata

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Kepala Dinas Pariwisata Pemuda, dan olahraga kabupaten Sambas, Asmani mengatakan dalam upaya memperkenalkan destinasi wisata dikabupaten Sambas, pihak akan melakukan pembenahan secara bertahap terhadap sejumlah destinasi wisata tersebut.

Walaupun masih terdapat kelemahan dalam pengelolaan destinasi wisata, lantaran sarana yang mendukung kata Asmani. Tidak membuat pihaknya lepas tangan begitu saja.

“Dari 67 destinasi wisata yang terdapat dikabupaten Sambas, tidak ada satupun yang merupakan aset pemerintah kabupten Sambas. Seluruhnya merupakan milik masyarakat setempat, namun dengan kemitraan pemerintah dan masyarakat, kita tuangkan dalam rencana induk pembangunan pariwisata, agar destinasi wisata yang banyak tersebut menjadi tempat kunjungan bagi masyarakat,” ujar Asmani, Sabtu (4/2).

Kalau dibandingkan dengan kabupaten lain menurut Asmani, destinasi yang terdapat dikabupaten Sambas jauh lebih baik dari jumlah maupun keindahan alamnya.

“Destinasi wisata kabupaten Sambas dari jumlah tersebut, diantaranya Danau Sebedang di kecamtan Sebawi. Pantai puteri serayi dikecamatan Jawai Selatan, pantai tanah hitam di kecamatan Paloh bahkan hingga keindahan pantai Temajuk juga dikecamatan Paloh,” tutur Asmani.

Dalam pengelolaan destinasi wisata tersebut, katanya pemerintah menjalin kemitraan dengan semua pihak. Mulai dari masyarakat setempat hingga pelaku usaha.

“Untuk kemitraan dengan masyarakat, sudah terbentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis) disejumlah lokasi destinasi wisata dikabupaten Sambas. Selain itu kita berharap pengusaha juga ikut berkontribusi membangun dunia wisata, dengan berinvestasi dalam dunia pariwisata dikabupaten,” kata Asmani.

(Gindra/Faisal)

Related Posts