Belum ada Lonjakan Kasus Diare di Kapuas Hulu

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas Hulu menyatakan saat ini belum ada lonjakan yang signifikan untuk penyakit diare.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kapuas Hulu, Ade Hermanto mengatakan data kasus diare biasanya dilaporkan setiap minggu dari pihak-pihak terkait.

“Untuk rumah sakit juga sudah pernah kami cek dan waktu itu belum ada lonjakan untuk kasus diare. Tapi perkembangnya hingga saat ini masih perlu perhatikan,” tutur pria yang karib disapa Ade ini, Selasa (7/2).

Untuk upaya antisipasi, kata Ade, Dinkes Kapuas Hulu telah melakukan langkah awal dengan mengirim surat imbauan kepada seluruh Puskesmas untuk penyuluhan ke masyarakat.

“Penyuluhan itu berkenaan perilaku hidup bersih dan sehat, serta menjaga kesehatan lingkungan, sehingga warga tidak mudah kena penyakit seperti diare. Kami juga sudah mendata di RSUD dr. Achmad Diponegoro Putussibau serta kerjasama dengan Kominfo untuk melakukan siaran di Rasika untuk imbauan pencegahan dan penanggulangan diare ini,” ucapnya.

Dijelaskan Ade, masyarakat akan tercegah dari diare apabila mengkonsumsi air bersih dan sehat yang sudah di masak sampai mendidih. Kemudian mencuci tangan dengan sabun setiap habis melakukan aktifitas dan setiap buang air besar ataupun kecil.

“Kalau mau masak sayuran itu juga harus dibersih dulu, termasuk jajanan anak jangan sembarangan,” himbaunya

Apabila ada bayi yang terkena diare, kata Ade, sang ibu harus tetap memberikan ASI (Air Susu Ibu), makan makanannya juga harus bergizi seimbang, banyak minum air putih, apabila diperlukan berikan juga oralit dan bawa ke fasilitas kesehatan.

“Kalau diare jangan sampai terlambat penangannya, akan lebih baik segera bawa ke fasilitas kesehatan seperti Puskesmas atau rumah sakit terdekat,” tutupnya.

(Yohanes/Fasal)

Related Posts