Penghuni Rutan Pontianak Butuh Pelatihan Khusus

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Pontianak Sukir mengatakan bahwa narapidana yang berada di Rutan Pontianak sangat membutuhkan pelatihan khusus.

Menurutnya, pelatihan tersebut akan sangat berguna bagi para narapidana yang sudah bebas. Karena nantinya, narapidana akan mempunyai keahlian khusus, ketika memasuki kembali dunia kerja.

“Contohnya, pihak Universitas Tanjungpura (Untan) yang memiliki berbagai bagian atau divisi, misalnya dalam hal penyuluhan atau bantuan hukum. Untan dapat memberikan sosialisasi bagi para narapidana yang ada di Rutan,” ujarnya.

Dirinya menerangkan, hal tersebut tidak hanya kepada Untan, namun peran dari Pemerintah Daerah (Pemda) juga sangat di butuhkan oleh pihaknya.

“Pemerintah dapat memberikan bekal keterampilan kepada para narapidana di dalam rutan. Hal itu juga bisa membantu para narapidana yang ada di dalam Rutan Pontianak, dan hal tersebut juga membuktikan bahwa peran Pemerintah juga sangat dibutuhkan,” terang dia.

Dirinya berharap peran masyarakat lewat lembaga, atau organisasi keagamaan untuk memberikan sosialisasi kepada para narapidana di Rutan Pontianak.

(Viky/Faisal)

Related Posts