KAMMI Gelar Dialog Kebangsaan

Pontianak, thetanjungpuratimes.com  Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Komisariat Universitas Tanjungpura (Untan) menggelar Dialog Kebangsaan, acara tersebut berlangsung di ruang sidang Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Untan, Rabu (8/2) siang.

Dialog Kebangsaan yang bertema peran strategis pemuda dalam pemilukada dan pembangunan daerah tersebut menghadirikan oleh Rektor Untan Prof. Thamrin Usman, Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak Firdaus Zar’in, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kalbar Umi Ridiyawati, Ketua Kammi Kalbar M. Thaufani, serta Koordinator BEM SI Kalbar-Teng M. Surianyah.

Pada dialog itu narasumber memaparkan berbagai materi kepada peserta terkait dengan pesta demokrasi. Antusias peserta terlihat sangat baik, terlhat dari penuhnya ruangan tersebut oleh para peserta dari perguruan tinggi di Pontianak tersebut.

Ketua KPU Kalimantan Barat Umi Ridiyawati yang pada kesempatan tersebut memberkan materi tentang peran mahasiswa dalam mengawal pemilukada Jujur adil dan bersih, mengatakaan penyelenggara pemilu seperti KPU, Bawaslu, serta dewan kehormatan, tak bisa bekerja sendiri dalam menciptakan pemilu yang jujur adil dan bersih, karena perlu peran serta masyarakat terlebih lagii pada mahasiswa yang mempunyai jiwa kritis akan hal tersebut.

“Harus ada peran mahasiwa, jika memang ditemukan pelanggaran, bisa langsung dilaporkan untuk kita tindak lanjuti lebih lanjut,” katanya.

Ia pun turut mengajak mahasiswa turut berpartisipasi dalam pemilu yang akan segera digelar beberapa daerah di Kalimantan Barat, jika memang daerah pilkada adalah daerah domisili mahasiswa tersebut.

Pada kesempatan tersebut Umi juga menyampakan terkait dengan LUBERJURDIL atau Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil sebagai asas pemilu.

(Agustiandi/Faisal)

Related Posts