Ibu Rumah Tangga dan PKK Dilibatkan untuk Program Kelompok Bercerita

Ilustrasi membaca buku

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Selain para ibu rumah tangga, Dinas Perpustakaan Kota Pontianak juga melibatkan, tim Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kecamatan di kota itu untuk program kelompok bercerita.

Kepala Dinas Perpustakaan Kota Pontianak, Hidayati mengatakan PKK kecamatan akan dilibatkan. Di Pokja dua dari 10 program PKK, sudah tercantum bahwa setiap pengurus wajib menyediakan Pojok Baca. Sebagai tambahan, di tahun ini program sosialisasi bercerita yang baik dimasukkan.

“Nanti kita panggil narasumber, kemudian kita lakukan pembinaan di PKK kecamatan. Tidak harus mereka buat Pojok Baca sendiri, kalau mereka berdekatan dengan rumah baca, mereka bisa memanfaatkan itu,” jelasnya,  Jumat (10/2).

Hidayati mengatakan hampir semua kelurahan saat ini sudah memiliki perpustakaan. Hanya saja belum termanfaatkan dengan baik oleh karena keterbatasan sumber daya manusia dan ruangan.

“Beberapa kelurahan sudah bagus, ada ruangan sendiri dan bangku baca, seperti Kelurahan Banjar Serasan,” ungkapnya.

Bukan cuma di keluarga dan kantor pemerintahan, ruang publik lain semisal cafe dan mall juga jadi sasaran. Sejumlah perpustakaan taman sendiri sudah disiapkan dan rencananya akan diresmikan akhir Februari ini. Pojok Baca di ruang publik lain kini tengah disusun.

“Pojok Baca itu sifatnya buku tidak dipinjamkan. Misalnya di kafe, mall, sebenarnya sudah layak disediakan Pojok Baca, dengan disediakan fasilitas bukunya kemudian tempat duduk, sifatnya untuk mengisi waktu,” katanya.

Hidayati ingin memanfaatkan waktu luang masyarakat dengan menyediakan bacaan di ruang publik yang disesuaikan dengan segmen sasaran. Misal jika di cafe, buku yang disediakan bukan buku-buku tebal. Demikian pula dengan jenis bacaan yang disajikan.

“Membaca itu memang kayaknya sulit kalau menyediakan waktu khusus, tapi kalau untuk mengisi waktu lebih mudah. Kira-kira yang setengah jam selesai baca, itu yang disiapkan. Disesuaikan dengan siapa yang kita sasar, semua disesuaikan,” tutupnya.

(Agustiandi/Faisal)

Related Posts