Mahasiswa Sangat Berperan dalam Mengawal Pemilihan Kepala Daerah

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Koordinator Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) Wilayah Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat (KALTENGBAR), Muhammad Suriansyah, mengatakan, mahasiswa sangat berperan dalam mengawal Pemilihan Kepala Daerah.

Hal tersebut disampaikannya pada Dialog Kebangsaan dengan tema “Peran Strategis Pemuda dalam Pemilukada dan Pembangunan Daerah” di ruang sidang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura.

“Peran mahasiswa yang memiliki daya kritis, independen, dan mandiri akan membantu dalam mengawal serta mensukseskan Pilkada 2018 mendatang,” kata mahasiswa IKIP PGRI Pontianak tersebut.

Suriansyah juga menegaskan, bahwa mahasiswa harus menolak segala bentuk campur tangan elit partai politik yang ingin mereduksi kesatuan gerakan mahasiswa demi kepentingan oknum tertentu.

“Politisasi dan penunggangan gerakan mahasiswa seperti yang terjadi beberapa hari lalu di Cibubur adalah salah satu bentuk penggembosan dan upaya pelemahan idealisme mahasiswa,” ujar Suriansyah.

Dia juga mengajak sekaligus mengimbau kepada para mahasiswauntuk selalu menjaga ruh pergerakan yang berlandaskan pada pembelaan rakyat dan selalu berada di pihak rakyat serta konstitusi yang berlaku.

Dialog Kebangsaan yang digelar oleh KAMMI Komisariat Universitas Tanjungpura ini dihadiri oleh lebih dari 120 mahasiswa dari berbagai Organisasi Kepemudaan (OKP) dan perguruan tinggi yang ada di Pontianak.

Beberapa tokoh juga hadir menjadi pembicara, diantaranya Rektor Universitas Tanjungpura Prof Dr Thamrin Usman DEA, Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak Firdaus Zar’in, Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalbar Umi Ridiyawati dan Ketua KAMMI Kalbar M Thaufani.

(R/Muh)

Related Posts