Peran Penting Pendidikan Membangun Karakter Bangsa

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Bupati Kubu Raya, Rusaman Ali, menyebutkan, bahwa pendidikan mempunyai peran penting dalam mengajarkan, dan membangun karakter yang lebih baik dalam berbangsa dan bernegara.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kubu Raya melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) dan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat mengadakan seminar Pendidikan dengan tema ‘Pencegahan Korupsi Tingkatkan Kualitas Pendidikan’ bagi Kepala Sekolah SD dan SMP se-Kabupaten Kubu Raya di Aula Kantor Bupati Kubu Raya pada Jumat (10/2).

“Saya minta agar kegiatan tersebut benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh kepala sekolah untuk menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai tindak pidana korupsi agar tidak menjadi korban karena kesalahan administrasi dan kesalahan penyusunan pertanggungjawaban,” pintanya.

Dirinya mengatakan, bahwa langkah pencegahan dalam mengantisipasi kesalahan, itu jauh lebih penting dibandingkan penindakan saat melakukan kesalahan.

“Karena jika sudah tersangkut persoalan hukum, nantinya akan mengganggu tugas dan tanggungjawab, saat sedang melaksanakan tugas di sekolah,” ujar dia.

Dirinya menuturkan, bahwa Pemkab Kubu Raya, percaya guru dan kepala sekolah di Kabupaten Kubu Raya memiliki integritas yang tinggi. Selain itu mereka juga memiliki tugas dan tanggungjawab serta pengabdian yang baik bagi masyarakat, daerah dan bangsa.

“Namun, peningkatan pemahaman dan pengetahuan mengenai persoalan hukum terutama dalam pengelolaan keuangan perlu terus dilakukan. Agar administrasi pertanggungjawaban dapat disampaikan dengan tepat waktu dan benar sesuai dengan prosedur yang berlaku. Saya tekankan kita lakukan pencegahan terlebih dahulu, dan seminar ini adalah salah satu bentuk upaya Pemkab dalam melakukan pencegahannya,” tutur dia.

(Viky/Muh)

Related Posts