Perum Perikanan Manfaatkan Teluk Kolone untuk Budidaya Ikan

Sulsel, thetanjungpuratimes.com – Perum Perikanan selaku BUMN di bidang perikanan mengembangkan potensi di Teluk Kolone, Konawe Selatan, Sulsel untuk budidaya ikan agar bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Sengaja kami adakan perjanjian PKS di Teluk Kolone, supaya Pak Direktur Perum Perindo bisa melihat langsung potensi daerah sini,” kata Bupati Sunuruddin.

Potensi budidaya ikan di wilayah Indonesia Timur masih sangat besar terutama di wilayah Konawe Selatan. Berbagai jenis ikan banyak dikembangkan dari wilayah tersebut.

Bupati menambahkan, dalam PKS yang ditandatangani itu disepakati bahwa Pemkab Konsel akan menyerahkan hak pengelolaan 10 hektare lahan milik Pemkab Konsel di Teluk Kolono untuk berbagai kegiatan usaha perikanan. Yakni, budidaya, baik darat maupun laut, serta pembangunan unit pengolahan ikan dan cold storage.

“Harapannya Perindo bisa memaksimalkan potensi Teluk Kolone ini untuk meningkatkan produksi perikanan Konsel,” tambah Bupati.

Sementara itu, Dirut Perum Perindo Syahril Japarin mengatakan siap segera membuat kajian untuk menentukan model bisnis yang tepat untuk pengembangan usaha perikanan di Konsel ini. Dia berterima kasih kepada Pemkab Konsel atas kesempatan untuk ikut mengelola kekayaan alam Konsel.

“Apalagi, kami juga akan dapat tugas untuk mengelola Pelabuhan (Perikanan Samudera) Kendari. Jadi memang kerjasama ini inline dengan rencana bisnis kami di Kendari dan sekitarnya ini,” kata Syahril.

(Rimanews/Faisal)

Related Posts