Pasar Kedah Kapuas Hulu akan Diresmikan

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kapuas Hulu bakal melakukan sejumlah persiapan dan pemebenahan di Pasar Kedamin Indah, keluarhan Kedamin Hulu Kecamatan Putussibau Selatan. Pembenahan tersebut lantaran pasar Kedah akan segera diresmikan oleh Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir SH.

Pembenahan pasar Kedah melibatkan tim dari kecamatan Putussibau Selatan serta kelurahan Kedamin Hulu. Sekertaris Dinas Perdagangan, Serli, Camat Putussibau Selatan, Salafudin dan Lurah Kedamin Hulu, Sabran pun meninjau langsung lokasi Pasar Kedah, Senin (13/2) pagi. Peninjauan itu untuk memantau kebutuhan pemebenahan di pasar tersebut.

Kabid Perdagangan, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan, Ilhamsyah Ugen mengatkan, pasar Kedah akan dilakukan peresmian. Untuk itu, pihaknya akan melakukan rapat dengan calon pedagang yang akan menempati pasar tersebut.

“Kami masih lakukan koordinasi dengan pihak kelurahan untuk menentukan progres pemanfaatan pasar itu nanti,” ujarnya.

Ugen menjelaskan, pihak Kelurahan Kedamin Hulu sudah diminta segera menginventarisir para pedagang yang siap menempati pasar Kedah. Dari informasi yang diterima kata Ugen, jumlah calon pedagang yang mendaftar sudah mencapai puluhan pedagang.

Ditambahkannya, setelah diresmikan sistem beroperasinya pasar Kedah nanti masih bersifat uji coba. Kemudian terkait penarikan distribusi nantinya diserahkan ke kecamatan setempat mengelolanya.

“Kita uji coba, sambil penyesuaian,” ucapnya.

Dari sisi kesiapan fasilitas, Ugen memastikan pasar Kedah siap ditempati, terutama instalasi listrik dan air yang sudah terpasang dan siap pakai. Sehingga pedagang tidak perlu khawatir masalah listrik dan air bersih disana.

“Untuk menjamin pasar Kedah aman dari gangguan pengrusakan dan sebagainya, ada Satpam yang ditugaskan untuk penjagaan dilingkungan pasar Kedah,” ujarnya.

Camat Putussibau Selatan, Ahmad Salafudin menjelaskan, sambil melakukan persiapan pasar Kedah, pihaknya akan melakukan rapat tim terlebih dahulu. Menurutnya semakin cepat pasar ini difungsikan justru makin bagus karena bisa meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat.  Namun, dalam pengaturan bagi pedagang yang berjualan itu harus benar-benar diatur, jangan sampai  campur aduk.

“Jual daging jangan bercampur dengan pedagang yang berjualan sayur, apalagi bergabung dengan penjual pakaian,” tegasnya.

Menurutnya, pengoperasian pasar Kedah ini akan diuji coba terlebih dahulu selama satu bulan sambil melihat perkembangan yang ada sehingga pihaknya bisa mengevaluasi mana kekurangan yang perlu diperbaiki.

Ditambahkan Sabran Lurah Kedamin Hulu mengungkapkan, bahwa pasar Kedah ini memang lebih diprioritaskan untuk masyarakat Putussibau Selatan.

“Hingga hari ini sudah ada 75 calon penghuni pasar yang akan menempati lapak maupun kios. Jumlah ini akan terus bertambah,” ujarnya.

Meskipun memprioritas pedagang yang ada di Putussibau Selatan, pihaknya juga menampung pedagang yang berjualan di Pasar Pagi Kota Putussibau, karena pihaknya tidak mau membatasi jumlah pedagang.

“Hingga saat ini kita belum tahu siapa yang akan menempati lapak maupun kios yang sudah ada tersebut, karena sistemnya nanti akan dicabut udi siapa yang berhak menempatinya,” tuturnya.

(Yohanes/Faisal)

 

Related Posts