Pemkot Berikan Potongan Harga Bibit Ikan Kepada Nelayan

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak memberikan potongan harga bibit ikan kepada nelayan. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi terhadap nelayan yang gagal melaut lantaran cuaca buruk. Agar nelayan dapat membuat usaha sampingan seperi keramba ikan.

Plt Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak, Bintoro mengatakan pihaknya menyediakan bibit ikan baik lele, nila dan ikan mas dengan potongan harga Rp50 per ekor bibit.

Bantuan itu bisa didapat di Balai Benih Ikan yang berada di bawah wewenang dinas, kami juga mengupayakan peningkatan sumber daya manusia dalam bidang perikanan melalui budidaya ikan air tawar,” ujarnya saat pemberian bantuan dari Pemkot cadangan beras ke Nelayan di Kantor Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Pontianak, Senin (13/2).

Ia mengatakan nelayan tangkap diharapkan bisa menyelingi usahanya dengan budidaya ikan agar ketika cuaca buruk, masih tetap mempunyai pemasukan.

Menurutnya, potensi pasar ikan air tawar, seperti lele sangat baik di Pontianak, dalam satu malam saja 1,2 ton lele dihabiskan oleh 628 outlet penjual makanan dari lele yang terdata pihaknya.

“Total petani ikan yang ambil ke kita, dan suplai ikan mas ke mol ada sekitar 600kg per bulan dan ikan nila 500kg. Memang ada juga ikan yang masuk dari luar,” tambahnya.

Hingga saat ini, di Kota Pontianak terdapat 27 kelompok tani ikan yang bibitnya disuplai Balai Benih Ikan. Di tahun lalu, penjualan bibit ikan dari Balai tersebut memenuhi target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan besaran Rp40 juta. Tahun ini, target yang dikenakan masih sama, namun Bintoro yakin nilai yang didapat akan melampui target.

“Tahun ini target masih sama. Tapi kita genjot makanya bibit yang sudah siap harus diproses terus. Ikan mas sudah puluhan ribu, walau target segitu, kita upayakan lebih,” katanya.

(Agustiandi/Faisal)

Related Posts