KY Merespon Pemilihan Ketua MA

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Koordinator Komisi Yudisial (KY) Republik Indonesia Penghubung Wilayah Kalimantan Barat, Budi Darmawan, mengatakan, seperti yang disampaikan oleh Juru Bicara Komisi Yudisial Republik Indonesia, Farid Wajdi, secara tertulis, bahwa Komisi Yudisial merespon dan menyikapi agenda pemilihan Ketua Mahkamah Agung (MA) yang dilaksanakan pada hari ini, Selasa (14/2).

Menurut Komisi Yudisial, pemilihan Ketua MA baru hendaknya dijadikan momentum untuk kembali melakukan regenerasi di internal MA, tenaga baru dan darah yang lebih segar akan menjadi energi tersendiri bagi percepatan reformasi pada peradilan.

Selain itu, ada pesan yang sangat kuat mengapa banyak jabatan publik yang dibatasi dengan waktu atau periode, yaitu untuk mengingatkan tentang kemapanan yang harus terus dikoreksi serta kekuasaan yang tidak juga boleh dibiarkan tanpa batasan.

“Sekalipun diatur secara terbatas, terhadap prosesnya, maka KY mengimbau agar tetap memperhatikan aspirasi publik, mengenai record kepemimpinan, mengenai raport capaian MA selama ini, serta mengenai intensi para pemantau serta pengamat di luar, apapun itu dengarkanlah dan akomodirlah,” tulis Farid Wajdi.

Menurutnya, peradilan tidak hanya dinilai dari reformasi di atas kertas dan perbaikan-perbaikan aksessoris, parameter sebenarnya ada pada para pencari keadilan yang sehari-harinya berhadapan dengan perilaku dan tabiat aparat di pengadilan, maka perubahan yang hakiki adalah berubahnya penilaian masyarakat terhadap dunia peradilan, bukan ukuran-ukuran ilmiah tapi tidak pernah menyentuh persoalan mendasar.

(Maulidi/Muh)

Related Posts