PKM Gabungan HMBK dan HIMMPAUD FKIP Untan di Dusun VI Sukadamai

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diselenggarakann oleh Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling (HMBK) dan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (HIMMPAUD) merupakan PKM gabungan pertama yang dilakukan oleh HMBK maupun dari HIMMPAUD sendiri yang diberi nama PENGHIMBAU.

HMBK dan HIMMPAUD merupakan himpunan organisasi internal yang ada di FKIP Untan di bawah naungan BEM FKIP Universitas Tanjungpura (Untan) yang melakukan pengabdian kepada masyarakat.

PKM ini diselenggarakan pada tanggal 30 Januari 2017 sampai 2 Februari 2017 bertempat di Dusun VI Suka Damai, Desa Rasau Jaya III, KecamatanRasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya.

Kegiatan PKM ini diikuti oleh 125 mahasiswa. Dua dosen pembimbing yang turut membantu dalam PKM gabungan ini yaitu Dr H Busri Endang MPd dan Lukmanulhakim ST MPd.

PKM ini berisi kegiatan bakti sosial yang dilakukan mahasiswa dengan membersihkan lingkungan sekitar Surau dan pemukiman warga, kegiatan menanam 120 pohon Mahoni dan Sengon di pinggir jalan, kegiatan mengajar di tiga sekolah, yaitu PAUD, SD dan SMP Negeri tiga Rasau Jaya, mengadakan les bagi anak-anak warga sekitar, kegiatan seminar “Motivasi Belajar Siswa” dan mengadakan sosialisasi almamater di MAN Kabupaten Kubu Raya dan bermain bersama dengan para warga seperti permainan tarik tambang dan permainan lainnya.

“Kami menyambut baik kegiatan yang dilakukan mahasiswa ini, karena PKM merupakan salah satu syarat kegiatan yang wajib diikuti mahasiswa untuk menunjang proses penyusunan skripsi mereka nanti. Dan melalui kegiatan ini pula mahasiswa dapat belajar dan mencari pengalaman di dunia masyarakat sehingga kedepannya saat mereka sudah terjun di dunia kerja tidak lagi kaget dan canggung,” ujar dosen pembimbing kegiatan PKM, Lukmanulhakim.

Sementara itu, Kepala Dusun VI Suka Damai, mengatakan, senang dengan kedatangan mahasiswa.

“Saya senang dengan kedatangan adik-adik sekalian. Dusun kami sudah sering kedatangan mahasiswa yang ingin melakukan kegiatan, namun biasanya yang datang mahasiswa dari kesehatan. Saya selaku kepala dusun berharap adik-adik dapat bersikap dan berperilaku baik, karena ini masih kampung. Ya, kita sama-sama menjaga nama baik kita semua. Harapan saya adik-adik dapat tinggal disini dan menganggap dusun ini juga tempat tinggal adik-adik sendiri, jangan sungkan, jika perlu bantuan dari warga disini ngomong saja dan maklumi juga keadaan disini,” ucapnya.

Sementara itu, Ita Yolanda Sari, selaku Ketua Umum HIMMPAUD FKIP Untan juga mengucapkan hal yang sama.

“Kami mengucapkan terimakasih karena warga Dusun VI Suka Damai mau menerima kedatangan kami dengan baik dan kami diizinkan melakukan kegiatan di sini. Kiranya apabila selama melaksanakan kegiatan, kami melakukan kesalahan baik dari perkataan maupun perbuatan kami mohon maaf. Kami berharap kegiatan ini bermanfaat bagi warga disini” ujar Ita Yolanda Sari.

Ketua umum HMBK FKIP Universitas Tanjungpura, Badrot Tamam, mengucapkan banyak terima kasih kepada warga Dusun VI Suka Damai yang telah menerima kami selaku pengurus, panitia dan para peserta dalam melaksanakan PKM  ini, karena kita ketahui bahwa PKM merupakan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi.

“Banyak kendala dalam PKM ini baik dari hujan terus menurus yang membuat acara yang akan dilaksanakan jadi sedikit terhalang dan persiapan yang kurang matang, sehingga menimbulkan beberapa masalah, seperti koordinasi yang kurang dengan warga, miskomunikasi dengan pihak sekolah, dan masih banyak lagi yang lain. Meskipun begitu kami tetap dapat melakukan semua kegiatan yang kami rencanakan berkat bantuan Bapak Wasnianto selaku Kepala Dusun VI Suka Damai,” ucapnya.

“Kami selaku perwakilan mahasiswa meminta maaf jika ada kata dan perbuatan yang kurang berkenan di lingkungan masyarakat Dusun VI Suka Damai, kami juga minta maaf karena kegiatan PKM ini telah merepotkan bapak dan ibu Kepala Dusun VI Suka Damai. Tidak lupa pula kami ucapkan banyak terimakasih kepada bapak Wasnianto selaku Kepala Dusun VI Suka Damai karena telah banyak membantu kami baik perbuatan maupun fasilitas dan juga telah menganggap kami seperti anak sendiri, banyak masukkan yang kami terima dari bapak. Semoga masukkan tersebut dapat menjadi motivasi agar kegiatan PKM kami berikutnya dapat lebih bermanfaat lagi bagi masyarakat,” sambungnya.

“Saya sebagai Ketua Panitia PENGHIMBAU (Pengapdian HMBK dan HIMMPAUD) 2017 banyak berterimakasih atas kerja kerasnya panitia dan pengurus dalam menjalankan dan menyukseskan acara ini, tak lupa kami banyak mengucapkan terimakasih kepada kepala dusun dan masyarakat Dusun VI Suka Damai Desa Rasau Jaya III yang telah mengizinkan dan ikut serta dalam kegiatan kami yang telah kami rancang sebelumnya.Walaupun terdapat kendala yang banyak kami hadapi sebelum acara dan saat acara berlangsung, kawan-kawan bisamenyelesaikan masalah tersebut, “ ujar Barry Kusuma Wardana, selaku Ketua Panitia PENGHIMBAU.

(R/Muh)

Related Posts