Sampah Harus Dikelola Secara Bersama

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Sampah adalah salah satu masalah serius yang perlu dibenahi secara bersama-sama, Pemerintah dan seluruh elemen masyarakat.

Masyarakat sebagai produsen sampah perlua melakukan penataan terhadap tata kelola sampah itu sendiri, sehingga tidak menjadi masalah lingkungan di kemudian hari.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LH – K) sendiri telah menetapkan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap tahunnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kapuas Hulu Ir. H. Muhammad Sukri mengatakan, hadirnya HPSN tersebut berawal dari permasalahan sampah yang mencuat ke permukaan, diman ada tragedi longsor sampah di TPA Leuw Gajah pada 21 Februari 2005 lalu. Kejadian itu menyebabkan ratusan warga meninggal, sehingga tanggal tersebut diperingati sebagai HPSN yang dilaksanakan setiap tahun.

“Tema besar HPSN tahun 2017 yakni Melaksanakan Pengelolaan Sampah Terintegrasi dari Gunung, Sungai, Kota, Pantai Hingga Laut Untuk Mewujudkan Indonesia Bersih Sampah 2020. Dengan peringatan HPSN ini memberikan kesempatan kepada kita, baik pemerintah maupun kelompok masyarakat, komunitas, LSM untuk berpartisipasi menunjukan kepedulian dalam beragam aktivitas, harus peduli kebersihan,” ungkap Sukri dalam acara peringatan HPSN di Halaman Kantor Bupati, Kamis (16/2) pagi.

Permasalahan sampah, kata Sukri memang tidak ada habisnya, karena selama masih ada kehidupan, sampah akan terus diproduksi, selain mengurangi nilai estetika suatu tempat, sampah menimbulkan bau tidak sedap.

“Memberi kesan kumuh, yang berdampak buruk terhadap kesehatan manusia, karena sebagai tempat berkembangbiak segala macam penyakit,” kata Sekda.

Karenanya Sekda mengajak semua SKPD dilingkungan Pemda Kapuas Hulu pada hari, Jumat (17/2) melaksanakan kerja bakti membersihkan sampah dilingkungan instansi masing – masing. hal tersebut sebagai wujud kepedulian terhadap sampah dan menciptakan lingkungan bersih, bebas sampah.

(Yohanes/Faisal)

Related Posts