Dinsos PMPD Sambas Rutin Lakukan Pengawasan Anggaran Desa

Dana Desa

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa kabupaten Sambas Yusran mengatakan, pihaknya rutin melakukan pengawasan serta mengadakan monitoring terhadap desa. Terkait penggunaan anggaran seperti Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang digunakan oleh Desa.

“Kita rutin melakukan pengawasan dan monitorng setiap 6 bulan atau satu semester sekali,” ujar Yusran, Minggu (19/2).

Dikemukakan oleh Yusran dalam pengawasan dan monitoring penggunaan ADD dan DD, pihak kecamatan juga turut dilibatkan.

“Pihak kecamatan kan ada, melibatkan dari pihak kecamatan, untuk laporan tahapnya verifikasi dikecamatan dari desa dahulu, baru dibawa kekabupaten,” jelasnya.

Selain itu kata Yusran, untuk penguatan preventif perangkat desa sudah melakukan kerjasama dengan kejaksaaan.

“Sudah dari sejak tahun lalu kita menggandeng Kejaksaan negeri Samas serta kejaksaan negeri cabang Pemangkat. Cuma dari setiap desa tidak terakomodir semuanya tahun ini, khusus yang belum akan dilakukan tahun ini,” kata Yusran.

Disebutkan oleh Yusran, belum lama ini juga sudah digelar pembekalan sistem keuangan desa (Siskeudes).

“Kegiatan tersebut dengan narasumber BPKP, kegiatan ini mencegah jangan sampai kepala desa tersentuh hukum akibat kesalahan penggunaan anggaran desa,” kata Yusran.

Diketahui tahun 2017 seluruh desa dikabupaten Sambas akan mendapat kucuran sebesar Rp243 miliar, melalui dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD). Jumlah tersebut terdiri atas DD sebesar Rp153 miliar dan ADD sebesar Rp90,3 miliar.

(Gindra/Faisal)

Related Posts